Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbatasan dengan Papua Nugini, Intip Tiga Profil PLBN di Papua

Kompas.com - 22/02/2024, 10:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya melaksanakan pembangunan infrastruktur di perbatasan, melalui pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Hadirnya PLBN tidak hanya menjadi simbol kebanggaan Tanah Air, juga mempertahankan keamanan sekaligus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di wilayah perbatasan.

Salah satu wilayah yang dibangun PLBN yakni di Papua, setidaknya ada tiga PLBN yang dibangun di provinsi tersebut.

Ketiga PLBN yang dibangun di Papua ini sama-sama berbatasan dengan Papua Nugini.

Baca juga: PLBN Napan di NTT Segera Rampung, Ini Kelengkapan Fasilitasnya

Adapun daftarnya sebagai berikut:

1. PLBN Yetetkun

PLBN Yetetkun mulai dibangun pada Februari 2020 dan selesai pada Juni 2022 oleh Kontraktor PT Nindya Karya (Persero) dan Manajemen Konstruksi PT Ciriajasa Engineering & Management Consultant (CEC) dengan nilai fisik Rp 127,5 miliar.

Pembangunan PLBN Yetetkun dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Papua Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya yang terbagi menjadi zona inti dan sub inti.

Kehadiran PLBN Terpadu Yetetkun ini membawa dampak positif bagi masyarakat di perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Selain PLBN, Kementerian PUPR juga meningkatkan kualitas jalan perbatasan (Trans-Papua) pada ruas Merauke-Boven Digoel tersebut untuk memperkuat konektivitas kawasan perbatasan.

2. PLBN Sota

Suasana Kantor Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua Selatan pada Senin (13/11/2023).KOMPAS.com/ACHMAD NASRUDIN YAHYA Suasana Kantor Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua Selatan pada Senin (13/11/2023).

PLBN Sota dibangun dengan tujuan memperkat hubungan bilateral antara Indonesia dengan Papua Nugini.

Pembangunannya dilakukan dengan konsep terintegrasi antara bangunan komersial dengan fasilitas umum dan sosial seperti pasar dengan hunian.

Adapun konstruksi PLBN Sota dilakukan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Ditjen Cipta Kary  Kementerian PUPR. Terbagi menjadi zona inti, sub inti, dan pendukung dengan luas 5,6 hektar.

3. PLBN Skouw

Seorang warga sedang melintas di depan gedung utama PLBN Skouw di Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua Selatan, Jumat (17/11/2023).Kompas.com/Achmad Nasrudin Yahya Seorang warga sedang melintas di depan gedung utama PLBN Skouw di Distrik Muara Tami, Jayapura, Papua Selatan, Jumat (17/11/2023).

Pembangunan PLBN Skouw dilakukan untuk menggantikan PLBN yang sebelumnya telah rusak. 

Untuk mendukung kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, Kementerian PUPR juga membangun pasar di PLBN Terpadu Skouw seluas 7.269 meter persegi yang terdiri dari 2 lantai.

Pasar ini memiliki total keseluruhan sebanyak 152 kios yaitu, lantai dasar terdapat 40 kios dan lantai satu terdapat 112 kios. Kantor pengelola juga dibangun setinggi 2 lantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com