Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Dianggap Sama, Ini Lho Bedanya Bendung dan Bendungan

Kompas.com - 22/02/2024, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang awam seringkali menganggap bendung maupun bendungan adalah kedua hal yang sama. Padahal, tidak melulu dianggap demikian.

Tak dapat dimungkiri, bendungan maupun bendung memang memiliki kesamaan yakni penampung air yang berperan sebagai irigasi maupun pencegahan banjir.

Selain itu, kesamaan lainnya yakni keduanya membendung aliran air sungai. Dalam Bahasa Inggris, bendungan disebut dengan dam, sementara bendung memiliki istilah weir.

Lantas, apa bedanya dari kedua karya sipil ini?

Dikutip dari laman Simantu Kementerian PUPR, bendung adalah bangunan yang dipergunakan untuk meninggikan muka air di sungai sampai ketinggian yang diperlukan.

Tujuan pembangunan bendung adalah agar air mengalir ke saluran irigasi dan petak sawah. Beberapa bendung dibangun dengan tidak memiliki pintu air.

Baca juga: Sempat Berhenti, Proyek Bendung di Serambi Mekkah Bakal Dilanjutkan

Sehingga, air yang ada dibiarkan meluap dan mengalir dari bagian atas bendung.

Sementara bendungan adalah bangunan yang berupa urugan tanah dan batu, juga beton, yang dibangun selain untuk menahan dan menampung air, dapat pula dibangun untuk menahan dan menampung limbah tambang, atau menampung lumpur sehingga terbentuk waduk (reservoir).

Waduk adalah wadah buatan yang terbentuk sebagai akibat dibangunnya bendungan sehingga menyebabkan genangan air dalam ketinggian tertentu (cadangan air).

Bendungan sendiri terbagi dalam beberapa jenis sesuai dengan ketinggian urugannya yakni bendungan dengan tinggi 10 meter-15 meter yang diukur dari dasar pondasi terdalam, lalu bendungan dengan tinggi 15 meter lebih.

Kriteria lain sebuah urugan disebut bendungan yakni debit banjir maksimal yang diperhitungkan paling sedikit 1.000 meter kubik per detik dan daya tampung waduk paling sedikit 500.000 meter kubik.

Bendungan biasanya dilengkapi dengan pintu air yang berukuran raksasa, yang fungsinya untuk mengendalikan air yang keluar dari waduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com