Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Lima Besar, Sektor Properti Catatkan Investasi Rp 115,2 Triliun

Kompas.com - 04/02/2024, 09:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sektor properti memberikan kontribusi cukup besar terhadap realisasi investasi di Indonesia pada tahun 2023 sebesar 

Dalam hal ini, sektor properti yang dimaksud mencakup perumahan, kawasan industri, dan perkantoran.

Dikutip dari laman National Single Window for Investment (NSWI) Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), total realisasi investasi tahun 2023 mencapai Rp 1.418,9 triliun.

Dari jumlah itu, sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran menyumbang raihan investasi sebesar Rp 115,2 triliun dengan jumlah proyek 15.366.

Baca juga: Bahlil Pamer, Investasi Meningkat Selama Dirinya Menjabat

Capaian tersebut membuat sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran menempati peringkat keempat sektor dengan realisasi investasi terbanyak tahun 2023.

Adapun realisasi investasi sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran bersumber dari penanaman modal asing (PMA) dan penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Untuk PMA, sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran mencatatkan realisasi 2,57 miliar Dollar AS atau sekitar Rp 38,10 triliun (kurs Rp 14.800) dengan 6.336 proyek.

Jumlah itu membuatnya menempati peringkat ketujuh sektor dengan realisasi PMA terbanyak tahun 2023.

Sementara untuk PMDN, realisasi investasi sektor perumahan, kawasan industri, dan perkantoran mencapai Rp 77,09 triliun dengan 9.030 proyek.

Raihan itu membuat properti menempati peringkat kedua sektor dengan realisasi PMDN terbanyak tahun 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com