Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Wings dan Djarum Cabut dari Konsorsium Agung Sedayu Group di IKN?

Kompas.com - 05/01/2024, 08:54 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua konglomerasi besar Indonesia dikabarkan cabut dari Konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) yang akan membangun proyek mixed use atau kawasan terpadu, mencakup pusat perbelanjaan, hotel, hingga perkantoran di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini terungkap, dalam media briefing Otorita IKN (OIKN) yang digelar dalam jaringan (daring) pada Jumat (29/12/2023), nama Wings dan Djarum Group tidak lagi tercantum dalam presentasi terkait daftar 10 perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium ASG.

Kedua perusahaan raksasa tersebut digantikan oleh Kawan Lama dan Alfamart. Selain itu, terdapat perubahan nama konsorsium menjadi Konsorsium Nusantara, bukan lagi Konsorsium ASG.

Sebelumnya dalam Rapat Kerja OIKN bersama Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin (18/9/2023), diketahui Konsorsium ASG ini mencakup 10 perusahaan dalam negeri, yaitu ASG milik Sugianto Kusuma (Aguan), Salim Group milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto, dan Djarum milik Budi Hartono.

Kemudian Wings Group milik William Katuari, Adaro milik TP Rahmat/Boy Tohir, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, dan Astra milik Jardine Cycle & Carriage Limited (50,11 persen) dan publik (49,89 persen).

Lantas, apa tanggapan OIKN mengenai hal ini? Baca informasi lengkapnya di sini Benarkah Wings dan Djarum Cabut dari Konsorsium Agung Sedayu Group di IKN?

Corporate Communications Manager PT Djarum Budi Darmawan menegaskan, Djarum sama sekali tidak terlibat sejak awal dalam Konsorsium Nusantara pimpinan Sugianto Kusuma atau akrab disapa Aguan.

Menurut Budi, bentuk keterlibatan perusahaan dalam proyek IKN adalah menjalankan program corporate social responsibility (CSR) berupa pembangunan botanical garden sebagai ruang publik non-profit di IKN.

"Djarum terlibat di IKN untuk mengembangkan dan membangun botanical garden. Tidak di investasinya. Ini adalah program CSR kami," tegas Budi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/1/2024).

Proyek botanical garden Djarum saat ini masih dalam tahap perancangan dengan target groundbreaking yang masih akan disesuaikan.

Baca informasi lengkapnya di sini Djarum Tegaskan Tak Terlibat dalam Konsorsium Aguan di IKN

Head of Corporate Communications and CSR Wings Group Indonesia Sheila Kansil buka suara terkait keterlibatan Wings Group dalam proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sheila menegaskan, Wings Group tetap menjadi bagian dari Konsorsium Nusantara, namun untuk proyek bersifat non-komersial.

"Kami sampaikan bahwa Wings Group tetap ikut serta di dalam Konsorsium Nusantara IKN yang bersifat non-komersial," tegasnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (4/1/2024).

Lanjutnya, salah satu proyek yang digarap oleh Wings Group adalah botanical garden sebagai ruang publik non-profit.

"Wings Group berkomitmen untuk ikut serta dalam pembangunan IKN," tandas Sheila.

Baca informasi lengkapnya di sini Wings Pastikan Tetap Gabung Konsorsium Pimpinan Aguan di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com