Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pemudik Angkutan Umum Saat Libur Akhir Tahun Naik 16 Persen

Kompas.com - 04/01/2024, 20:42 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Pusat Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta, Kamis (4/1/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Menhub menyampaikan antusiasme masyarakat yang mudik dengan menggunakan angkutan umum makin meningkat. 

Ini terlihat dari total jumlah penumpang yang menggunakan moda angkutan umum baik darat, kereta api meningkat 16,48 persen dibandingkan tahun lalu.

Angka tersebut diperoleh dari hasil pemantauan di Posko Pusat Nataru yang dilakukan dari 19 Desember 2023 sampai dengan 3 Januari 2024.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang keluar Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 8,13 persen.

Baca juga: Meski ada Lonjakan Kendaraan, Mudik Natal Masih Terkendali

Sedangkan jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang masuk Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 7,81 persen.

Meskipun adanya lonjakan pergerakan masyarakat di masa libur Nataru, namun Menhub menegaskan semuanya dapat diantisipasi dan berjalan dengan selamat, aman, nyaman dan lancar.

Hal ini tercapai berkat koordinasi dan kolaborasi yang baik dari seluruh unsur terkait baik dari Kementerian/Lembaga, operator transportasi dan jalan tol, media massa dan masyarakat.

“Dengan adanya lonjakan pergerakan, berarti kita harus merencanakan dan mengeksekusi dengan baik untuk mengurai kepadatan pergerakan di satu waktu tertentu. Alhamdulillah kita dapat melaksanakannya dengan baik, tentunya tidak lepas dari kerja sama kita semua,” sebut Menhub seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan.

Dikatakan, berdasarkan resume hasil Positioning Mobile Data (PMD) yang dilakukan dari 16 Desember 2023 sampai dengan 1 Januari 2024, tercatat ada sebanyak 126 juta pergerakan keluar provinsi maupun di dalam provinsi.

“Hasil ini tidak berbeda jauh dengan prediksi pergerakan masyarakat dari Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub yang mencapai 107 juta orang. Kami akan terus berupaya agar hasilnya lebih akurat sehingga bisa dilakukan penanganan yang lebih baik lagi,” tutur Menhub.

Baca juga: Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Whoosh Angkut 220.227 Penumpang

Lebih lanjut berdasarkan data Polri, pada masa Nataru 2023/2024 tepatnya sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 3.412 kejadian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com