Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Triwulan IV, Realisasi Investasi KEK Capai Rp 167,2 Triliun

Kompas.com - 13/12/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Realisasi investasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia sudah mencapai Rp 167,2 triliun hingga Triwulan IV tahun 2023.

Hal itu disampaikan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KEK di Sheraton Belitung Resort yang berlokasi di KEK Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Selasa (12/12/2023).

"Ke-20 KEK yang beroperasi berhasil mencatatkan kesuksesan dan memberikan kontribusi dengan capaian investasi secara kumulatif hingga Triwulan ke-IV tahun 2023 sebesar Rp 167,2 triliun dan mampu membuka lapangan kerja baru sebanyak 113.038 orang secara kumulatif," ujarnya dikutip dari laman Kemenko Bidang Perekonomian.

Realisasi inventasi itu mengalami peningkatan sekitar Rp 62,9 triliun dibandingkan capaian pada tahun sebelumnya.

Peningkatan investasi tersebut berhasil menciptakan tenaga kerja sebanyak lebih dari 113.000 orang dari 325 pelaku usaha.

Baca juga: Pemerintah Setujui Pembentukan Tiga KEK Baru, Nih Profilnya

Ada pun mengenai Rakernas KEK 2023, dilaksanakan one on one meeting bersama 20 KEK.

Tujuannya melakukan penyiapan evaluasi kinerja KEK tahun 2023 dan penyusunan rencana kerja pengembangan KEK tahun 2024.

Sehingga dapat dilakukan pembahasan atas perkembangan KEK secara berkala baik dari segi capaian, maupun pembahasan hal-hal strategis yang membutuhkan koordinasi lebih lanjut.

"Dengan menguatnya kebijakan yang berlaku di KEK yang menghadirkan kepastian, kejelasan, dan kemudahan implementasi kebijakan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas iklim investasi di KEK dan mendorong semakin banyaknya investor yang masuk ke KEK Indonesia, terutama penanaman modal asing," pungkas Susiwijono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com