Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 KK yang Tinggal di KEK Mandalika Direlokasi ke Huntap

Kompas.com - 17/11/2023, 14:07 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 16 Kepala Keluarga (KK) yang sebelumnya tinggal di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika telah menempati Hunian Tetap (Huntap) di Dusun Ngolang, Desa Kuta, Kab. Lombok Tengah, NTB.

Jumlah KK tersebut merupakan bagian dari 120 KK warga relokasi yang sebelumnya tinggal di dalam KEK Mandalika namun tidak memiliki hak kepemilikan atas tanah.

Proses perpindahan 16 KK ke Huntap di Dusun Ngolang berlangsung sejak Rabu (15/11/2023) hingga Kamis (16/11/2023).

Pemindahan ini adalah tindak lanjut dari verifikasi ulang yang telah dilakukan pada September 2023 lalu kepada warga terdampak pembangunan, yang tercantum dalam SK Bupati Lombok Tengah No. 300 dan No. 249 tahun 2020, di mana pemindahan dilakukan terhadap warga yang sudah siap untuk pindah.

"Kami memastikan bahwa setiap warga yang terlibat merasakan dukungan penuh dari kami. Perpindahan ini menjadi langkah besar, dan kami berupaya memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh warga," ujar General Manager The Mandalika Molin Duwanno dikutip dari laman ITDC.

Baca juga: Gaet Tujuh Investor, ITDC Akan Bangun Hotel hingga Pacuan Kuda di Mandalika

Dalam proses perpindahan warga terdampak relokasi ini, ITDC memberikan dukungan logistik berupa dua unit truk, satu mobil pickup, dan tenaga angkut untuk membantu untuk membantu mobilisasi serta pemindahan barang-barang milik warga.

Huntap di Dusun Ngolang adalah komitmen ITDC bersama Pemerintah Pusat yang dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyedia Perumahan (BP2P), dan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, untuk menyediakan penghidupan yang lebih kayak bagi warga relokasi KEK Mandalika.

Huntap di Dusun Ngolang terdiri dari 120 unit rumah yang dibangun diatas lahan seluas 2 hektar. Terdiri dari 4 blok yaitu Blok A dengan 40 unit rumah, blok B dengan 51 unit rumah, Blok C dengan 12 unit rumah, dan Blok D dengan 17 unit rumah.

Selain itu, ITDC juga telah melengkapi fasilitas dasar berupa permanent water supply dan jalan akses sepanjang 2,5 km yang termasuk dalam program Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP) yang didanai Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com