Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi KEK Bitung dan Likupang, Nih Infrastruktur yang Dibangun Kementerian PUPR

Kompas.com - 08/11/2023, 08:07 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR memberikan dukungan pembangunan infrastruktur untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KEK Likupang di Sulawesi Utara (Sulut).

Dikutip dari laman Kementerian PUPR pada Selasa (07/11/2023), KEK Bitung ditetapkan melalui PP No. 34/2014 sebagai KEK industri, sedangkan KEK Likupang ditetapkan melalui PP No. 84/2019 sebagai KEK Pariwisata.

Untuk KEK Bitung, Kementerian PUPR telah membangun infrastruktur jalan dan jembatan, antara lain pembangunan Jalan Tol Manado- Bitung sepanjang 39 km dan preservasi Jln. Maesa (Akses Terminal Liwas Manado), Bts. Kota Manado, Ringroad, Kairagi-Airmadidi-Kauditan-BTS. Kota Bitung, Dalam Kota Bitung sepanjang 14 Km.

Pada TA 2024 direncanakan pembangunan Jalan Akses KEK Bitung sepanjang 1 km melalui Inpres Jalan Daerah dengan anggaran Rp 58,6 miliar.

Baca juga: Pemerintah Bakal Bikin Food Estate di Merauke Jadi KEK

Lalu dukungan infrastruktur bidang Cipta Karya untuk KEK Bitung antara lain Optimalisasi SPAM IKK Ranowulu (TA 2021) dan Optimalisasi TPA Kota Bitung (TA 2022).

Di bidang Perumahan telah dibangun Rumah Susun UPTD Balai Kerja sebanyak 1 tower (TA 2021) dan Rumah Khusus Sulut 3 sebanyak 50 unit (TA 2017).

Beralih ke KEK Likupang, Kementerian PUPR telah membangun infrastruktur Sumber Daya Air mulai TA 2020-2022 antara lain pembangunan Bangunan Pengendali Banjir Sungai Likupang sepanjang 1 Km, pembangunan Bangunan Penyediaan Air Baku Likupang Tahap 1 (KSPN Manado-Likupang) sebesar 55 Liter /detik.

Selanjutnya, pembangunan Prasarana Air Tanah untuk Air Baku di Likupang, pembangunan Drainase KEK Likupang sepanjang 1 Km, dan penyelesaian Bangunan Pengendali Banjir KSPN Likupang (Drainase KEK Likupang dan Tanggul Banjir Sungai Maen).

Berikutnya infrastruktur jalan dan jembatan KEK Likupang, pada TA 2019-2022 antara lain Pelebaran Jalan Akses Pantai Pulisan dan Pembangunan Jalan MORR III Tahap I dan II dan Preservasi Jalan.

Sementara pada TA 2023-2024 antara lain Preservasi Jalan Wori-Likupang-Girian-Wolter Monginsidi Bitung (MYC), Pembangunan Jalan MORR III Tahap III, Preservasi Jalan Jln. Girian (Bitung)-Likupang, Bts. Kota Manado, Ringroad, Kairagi-Airmadidi-Kauditan-Bts. Kota Bitung, Dalam Kota Bitung, dan Pelebaran jembatan Pesawangan.

Sedangkan dukungan bidang Cipta Karya di Kabupaten Minahasa Utara sudah dilaksanakan sejak TA 2015-2021 antara lain SPAM IKK Likupang Timur, TPA Kab Minahasa Utara, dan Optimalisasi IPLT Kab Minahasa Utara.

Pada TA 2024 direncanakan adanya pembangunan SPAM KSPN Likupang di Kab. Minahasa Utara dengan kapasitas 10 liter/detik yang saat ini statusnya masih menunggu clearance lahan.

Baca juga: Per Triwulan III, Realisasi Investasi KEK Baru 57,8 Persen dari Target

Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Wilayah III Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Pranoto mengatakan, untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung dan Likupang tidak cukup dengan Infrastruktur saja, diperlukan adanya kolaborasi dengan semua pihak.

"Dengan kolaborasi bersama stakeholder tentunya akan memacu pertumbuhan ekonomi, kadang infrastruktur yang sudah dibangun tetapi pengembangannya kurang," pungkasnya saat mendampingi Kunjungan Kerja (Kuker) Komite II DPD RI, di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Senin (5/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com