Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September 2024, Kampus Asal Inggris Akan Buka Cabang di KEK Singhasari

Kompas.com - 25/10/2023, 09:02 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kampus asal Inggris, King's College London (KCL), akan mendirikan cabang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, Malang, Provinsi Jawa Timur.

KEK Singhasari dan KCL telah menjajaki kerja sama pengembangan kemitraan dan kemudian ditindaklanjuti pelaksanaan "Symposium for UK-Indonesia Higher Education Collaboration in East Jawa" pada Senin (23/10/2023).

Di dalam acara tersebut, kedua pihak juga telah menandatangani Memorandum Of Agreement (MoA) yang akan membuat dimulainya pembelajaran KCL Indonesia pada September 2024.

"Ini akan menjadi KEK Pendidikan pertama di Indonesia, mengikuti jejak KEK Kesehatan yang berada di Sanur, Bali," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, dikutip dari laman Kemenko Bidang Perekonomian.

Pria juga Plt. Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK itu menyampaikan, pemerintah sangat mendukung perkembangan klaster Human Development Zone (HDZ) di KEK Singhasari yang akan menjadi pusat agregasi dan eksiminasi pengembangan SDM unggul dalam mendukung Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Bakal Dibangun KEK Pendidikan dan Teknologi di Kota Jababeka

HDZ juga akan menjadi pusat kolaborasi antara universitas-universitas terbaik dari dalam maupun luar negeri dengan dunia industri yang akan menciptakan kesempatan untuk mengintegrasikan pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja, serta menciptakan lulusan yang siap untuk menghadapi tantangan global.

"Ini adalah tempat di mana gagasan, penelitian, dan inovasi akan bersemayam, menciptakan peluang baru dan menyongsong masa depan yang cerah," tandasnya.

 

Deputy Vice President, Global Business Development KCL, Helen Bailey mengatakan, dengan adanya MoA, pihaknya bersama KEK Singhasari dapat segera bergerak ke langkah selanjutnya untuk dapat memulai angkatan pertama KCL Indonesia pada September 2024.

Program pertama yang akan dibuka pada September 2024 nanti adalah Master Of Digital Economy, dan selanjutnya menyusul program Master of Digital Future pada Januari 2025.

"Kami berada di peringkat 37 teratas dunia dan kami memiliki banyak ahli penelitian yang ingin kami bagikan dan sekaligus pelajari, dan terlibat sepenuhnya dengan komunitas penelitian dan akademik di Malang, dan secara nasional bekerja sama dengan mitra universitas di Indonesia," tutup Helen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com