Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersisa 3 Persen Bidang Tanah di Tabanan yang Belum Terdaftar

Kompas.com - 07/11/2023, 06:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Jumlah bidang tanah yang terdaftar di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, sudah hampir 100 persen.

Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto menyampaikan, target pendaftaran tanah di Kabupaten Tabanan ialah 383.000 bidang tanah. Hingga saat ini, jumlah tanah terdaftar sudah mencapai 371.000 bidang.

"Kurang 3 persen, tadi saya sampaikan (kepada Kepala Kantor Pertanahan) agar diselesaikan pendaftaran tanahnya hingga bisa ditetapkan menjadi Kabupaten Lengkap, bisa 100%," ujarnya saat menyerahkan sertifikat tanah hasil PTSL di Desa Abiantuwung, Kabupaten Tabanan, pada Senin (06/11/2023).

Menurut dia, dengan hampir 100 persen bidang tanah yanh terdaftar, hal itu juga menambah nilai ekonomi di Kabupaten Tabanan.

"Dan untuk economic value added-nya di Tabanan bagus sekali, mencapai Rp 2 triliun, besar sekali," ungkapnya.

Baca juga: 1.396 Bidang Tanah di Cirebon Telah Berkapasitas Hukum

Untuk diketahui, terdapat tujuh sertifikat tanah yang diserahkan langsung oleh Hadi Tjahjanto ke rumah warga atau pemilik tanah.

Salah satunya sertifikat dengan peruntukan rumah ibadah, yaitu pura. Ia pun berpesan kepada masyarakat untuk turut proaktif mendaftarkan tanah-tanah rumah ibadah yang belum bersertifikat.

"Ke masyarakat saya juga pesan, kalau ada yang belum diselesaikan terkait tempat ibadah seperti pura, segera disertifikatkan, karena gratis," pungkas Menteri ATR/Kepala BPN itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com