Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan 0,66 Hektar Milik Bank Tanah Dialokasikan untuk Rumah MBR Brebes

Kompas.com - 18/10/2023, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Badan Bank Tanah turut serta dalam pembangunan perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng).

Badan khusus yang dibentuk Pemerintah Pusat untuk mengelola tanah negara ini berkontribusi dalam hal penyediaan lahan.

Hal itu disampaikan Wakil Kepala Divisi Pengelolaan Tanah, Piter Simpony dalam Focus Group Discussion berjudul Pemenuhan Kebutuhan Perumahan untuk Mengatasi Backlog Perumahan Dalam Rangka Penguatan Ketahanan Nasional yang digelar oleh Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, pada Rabu (18/10/2023).

Dikutip dari materi paparannya, Badan Bank Tanah melakukan penyediaan lahan untuk perumahan MBR di Cigedog dan Jatirokeh, Brebes, dengan total luas 0,66 hektar.

Ada pun di dalam proyek perumahan MBR ini, Badan Bank Tanah berkolaborasi dengan Perumnas, BP Tapera, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, serta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN.

Baca juga: Sopir Taksi, Ojol, dan Pekerja Kontrak Dapat Jatah 50.000 Rumah Tapera

Pernah diberitakan sebelumnya, BP Tapera memang menyiapkan pilot project (proyek percontohan) Perumahan Tapera di Kabupaten Brebes, Jateng.

"Dalam waktu dekat, kami bersama Perumnas akan menyiapkan pilot project Perumahan Tapera di Kabupaten Brebes,” ujar Komisioner BP Tapera Adi Setianto dalam diskusi di Jakarta, pada 11 April 2023 lalu.

Rumah Tapera adalah pembiayaan perumahan yang diberikan oleh BP Tapera untuk rumah pertama. Meliputi Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR) dan Kredit Renovasi Rumah (KRR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com