Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ingin Proyek Bendungan Margatiga Selesai Tahun 2024

Kompas.com - 27/10/2023, 19:43 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan pembangunan Bendungan Margatiga di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, selesai pada tahun 2024.

Sehingga keberadaan bendungan tersebut dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Ya, semakin cepat semakin baik. Kalau saya inginnya di tahun depan ini sudah rampung, tapi kan ada sedikit persoalan di lapangan, baru kita selesaikan," ujar Jokowi usai meninjau proyek rekonstruksi jalan di Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada Jumat (27/10/2023), dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden RI.

Sebagai informasi, dikutip dari laman Kementerian PUPR pada 19 September 2023, pembangunan Bendungan Margatiga telah dimulai sejak tahun 2017 silam.

Kementerian PUPR sedang menyelesaikannya dan ditargetkan mulai pengisian air awal (impounding) pada akhir tahun 2023.

"Ini kan kita tinggal finalisasi. Harapannya akhir Desember 2023 dapat impounding," kata Direktur Sistem dan Strategi Pengelolaan Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Birendrajana.

Baca juga: Bantah Bendungan Ameroro Longsor, Begini Penjelasan Menteri Basuki

Dikutip dari pemberitaan Harian Kompas pada 18 September 2023, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung, Roy P Pardede menyampaikan, pembangunan Bendungan Margatiga sudah selesai sejak Desember 2022.

Namun, bendungan belum diresmikan dan dioperasikan karena persoalan ganti rugi lahan genangan waduk belum tuntas.

"Ganti rugi lahan untuk tapak bendungan sudah selesai. Sekarang yang belum tuntas masalah ganti rugi untuk genangan," jelas Roy.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, pembangunan Bendungan Margatiga bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan air Sungai Way Sekampung khususnya di bagian hilir.

Bendungan Margatiga akan dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan daerah irigasi seluas 16.588 hektar.

Bendungan Margatiga memiliki kapasitas tampung 42,31 juta meter kubik dengan luas genangan 2.314 hektar.

Selain itu, juga dipersiapkan memasok air baku sebesar 0,8 meter kubik per detik untuk Kabupaten Lampung Timur.

Bendungan Margatiga didesain dengan konstruksi tipe urugan yang memiliki tinggi mencapai 28,75 meter, panjang puncak 321,76 meter, dan lebar puncak 7 meter.

Dengan saluran pengelak tipe open chanel, bendungan ini diproyeksikan dapat mereduksi banjir sebesar 83,10 meter kubik per detik untuk sebagian wilayah Bandar Lampung dan Lampung Timur.

Pembangunan Bendungan Margatiga menggunakan anggaran APBN secara multi years contract (MYC) tahun 2017-2022 dengan nilai kontrak Rp 846 miliar.

Pekerjaan konstruksi bendungan di bawah tanggung jawab BBWS Mesuji Sekampung Ditjen SDA Kementerian PUPR dengan kontraktor pelaksana PT Waskita Karya-PT Adhi Karya (KSO).

 

(Harian Kompas - Penulis: Vina Oktavia | Editor: Cornelius Helmy Herlambang)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com