Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Ameroro Segera Impounding, Diresmikan Desember 2023

Kompas.com - 24/10/2023, 09:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Ameroro di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara segera diisi air atau impounding pada November 2023 dan diresmikan pada Desember 2023.

"Nanti pada akhir November, Bendungan Ameroro akan diisi, supaya pada Desember bisa diresmikan," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam kunjungannya ke Provinsi Sulawesi Tenggara, Sabtu (21/10/2023).

Basuki menjelaskan, pembangunan bendungan bertujuan untuk meningkatan volume tampungan air, penyediaan air baku, dan pengendalian banjir.

"Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat memberikan manfaat yang nyata di mana air akan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," kata Menteri Basuki.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari Kementerian PUPR Agus Safari menyebutkan, progres fisik proyek Bendungan Ameroro telah mencapai 87,15 persen.

"Bendungan Ameroro diproyeksikan akan meningkatkan pemanfaatan irigasi seluas 3,363 hektar, melayani air baku di Kabupaten Konawe sebesar 511 liter per detik, dan mereduksi banjir hingga 443,34 meter kubik per detik," papar Agus.

Baca juga: Pembangunan Bendungan Karangnongko Dimulai, Targetnya Kelar Akhir 2026

Memiliki kapasitas tampungan sebesar 98,81 juta meter kubik, Bendungan Ameroro dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan kapasitas 1,3 megawatt (MW).

Selain itu, Bendungan Ameroro juga menjadi salah satu potensi pariwisata di Kabupaten Konawe karena keindahannya.

Bendungan Ameroro mulai dikerjakan pada Desember 2020 dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 1,6 triliun.

Pembangunannya dilaksanakan dalam 2 paket pekerjaan, yakni Paket I oleh kontraktor PT Wijaya Karya-PT Sumber Cahaya Agung-PT Basuki Rahmanta Putra (KSO) dan Paket II PT Hutama Karya-PT Adhi Karya (KSO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com