Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Karangnongko Pasok Air Baku di Dua Provinsi

Kompas.com - 07/10/2023, 05:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendungan Karangnongko bakal memasok air baku di dua provinsi, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pembangunan bendungan akan dilakukan di dua lokasi yaitu Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur dan Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

SVP Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk Ermy Puspa Yunita mengatakan, diharapkan bendungan ini dapat memenuhi pasokan air baku masyarakat sekitar.

"Bendungan ini nantinya bermanfaat untuk air baku sebesar 1.156 liter per detik, yang diperuntukkan ke empat wilayah, di antaranya Kabupaten Bojonegoro, Ngawi, Tuban, Jawa Timur, dan Kabupaten Blora, Jawa Tengah," jelasnya, dikutip dari keterangan resmi.

Adapun Waskita Karya dipercayai untuk menggarap pembangunan Bendungan Karangnongko Paket 2.

Proyek senilai Rp 488 miliar ini didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan dikerjakan dalam 1.218 hari dengan target selesai pada akhir 2026.

Pekerjaan Bendungan Karangnongko Paket 2 dilakukan dengan cara joint operation dengan PT Bangkit Berkah Perkasa dan PT Kelman Infra Pratama.

Baca juga: November 2023, Bendungan Ameroro Siap Airi 3.363 Hektar Irigasi

Demi memastikan proyek berjalan dengan lancar, maka pengembangan digitalisasi menjadi prioritas.

Salah satunya dengan implementasi Building Information Modeling (BIM) dalam setiap pekerjaan proyek Waskita.

"BIM ini mampu membuat pekerjaan menjadi sangat efisien sehingga pekerjaan proyek bisa selesai lebih cepat, hemat dan pastinya dengan hasil kualitas yang baik," imbuhnya.

Selain itu, Waskita juga memberdayakan pekerja lokal sebagai bentuk kolaborasi baik antara tim proyek dengan masyarakat sekitar.

"Dengan pengalaman yang Waskita miliki, Perseroan berkomitmen memberikan kontribusi maksimal dari sisi kualitas dan implementasi Health, Safety, Environment (HSE) yang tinggi," tandas Ermy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com