Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/09/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan impounding (pengisian awal air) Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Kamis (21/09/2023).

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia menyampaikan, saat ini progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sudah mencapai 97 persen.

Menurutnya, pengisian awal sudah dapat dilakukan karena bendungan tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Keamanan Bendungan.

"Bendungan ini sudah memenuhi syarat untuk dilakukan pengisian awal, sehingga Pak Presiden datang ke sini untuk melakukan pengisian awal Bendungan Sepaku Semoi," jelas Bob dikutip dari laman Sekretariat Kabinet RI.

Baca juga: Basuki Tawari Jepang Bangun Bendungan Batu Lepek di IKN

Bendungan Sepaku Semoi dibangun untuk melayani pemenuhan air baku di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

Bendungan tersebut akan memiliki kapasitas 2.000 liter per detik untuk IKN, dan 500 liter per detik untuk dialirkan ke Balikpapan.

Di samping itu, Bendungan Sepaku Semoi juga akan berfungsi sebagai pengendali banjir, utamanya di daerah hilir.

"Di daerah hilir ada kadang-kadang terjadi banjir, sehingga bendungan ini nantinya akan berfungsi, selain untuk air baku, juga untuk pengendalian banjir," pungkas Bob.

Sebagai informasi, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dikerjakan dengan skema kontrak tahun jamak hingga tahun 2023 senilai Rp 556 miliar oleh kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya-PT Sacna-PT BRP (KSO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com