Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2023, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain bisa menjadi sumber air baku bagi Ibu Kota Nusantara (IKN), Bendungan Sepaku Semoi juga akan dimanfaatkan sebagai lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pemasangan PLTS tersebut utamanya digunakan untuk operasional Water Treatment Plant (WTP).

"Itu nanti akan kita bikin suryanya di situ terutama untuk operasi WTP," ucap Basuki saat ditemui usai Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI, Kamis (7/9/2023).

Sementara itu, Bendungan Sepaku Semoi direncanakan akan diresmikan pada Oktober 2023 mendatang.

Kemudian, pengisian atau impounding Bendungan Sepaku Semoi segera dilaksanakan dengan memanfaatkan baseflow atau bagian aliran sungai yang berasal dari air di bawah permukaan tanah.

Infrastruktur berkapasitas 2.000 liter per detik tersebut juga akan dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 September 2023 ini.

Baca juga: Tahun Depan, Anggaran Perumahan Sebesar Rp 9,25 Triliun

"Ini sudah siap untuk ditutup. Dua pintu, yang satu sudah kita tutup," tegas Basuki.

Di sisi lain, Kementerian PUPR turut merancang pembangunan Bendungan Batu Lepek untuk menambah penyediaan air di IKN.

Bendungan Batu Lepek diproyeksikan memiliki kapasitas hingga 8.000 liter per detik, atau empat kali lebih banyak dari kapasitas Bendungan Sepaku Semoi.

Proyek ini juga sudah ditawarkan kepada Jepang saat Basuki bertemu dengan sejumlah delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasihat Khusus Perdana Menteri Jepang Mori Masafumi Rabu (6/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com