Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impounding November 2024, Ini Progres Konstruksi Bendungan Manikin

Kompas.com - 05/10/2023, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR melalui Balai WIlayah Sungai Nusa Tenggara II sedang mepercepat penyelesaian pembangunan Bendungan Manikin di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Direktur Bendungan dan Danau Ditjen Sumber Daya Air, Adenan Rasyid mengatakan, saat ini progres pekerjaan fisik bendungan telah mencapai 44,3 %.

"Dari progres fisik tersebut, Bendungan Manikin ditargetkan akan dilakukan impounding dan peresmian pada November 2024 mendatang," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Kamis (05/10/2023).

Untuk saat ini, pekerjaan konstruksi yang sudah dilakukan yaitu saluran pengambilan intake tembus 350 hektar, serta saluran pengelak sudah digali dan tembus 300 meter dari total 800 meter lebih.

Baca juga: November 2023, Bendungan Ameroro Siap Airi 3.363 Hektar Irigasi

Bendungan Manikin memiliki kapasitas tampung 28,20 juta m3 dan direncanakan dapat meningkatkan Daerah Irigasi Manikin seluas 560 hektar.

Kemudian, sebagai sumber air baku sebesar 700 liter/detik untuk Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,13 MW, dan mereduksi banjir hingga 331 m3/detik.

Pelaksanaan konstruksi Bendungan Manikin sejak 2019-2024 dengan anggaran sebesar Rp 1,02 triliun melalui 2 paket pekerjaan.

Paket I dikerjakan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero)-Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk-PT Jaya Konstruksi (KSO).

Sementara untuk Paket II dilaksanakan oleh kontraktor PT PP (Persero) Tbk-PT Ashfri Putralora-PT. Minarta Dutahutama (KSO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com