Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP Mandalika 2023, "Homestay" dan Vila di Lombok Disiapkan

Kompas.com - 10/10/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah penginapan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) disiapkan untuk menyambut perhelatan MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober 2023.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno usai menghadiri rapat terbatas (ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/10/2023).

"Kalau kita lihat persiapannya sudah hampir final. Kesiapan akomodasi telah kami cek, dari total 16.000 kamar dan tambahan juga homestay-homestay yang disiapkan di desa-desa wisata sekeliling Mandalika termasuk villa-villa yang sangat diandalkan ini juga sudah tersedia," kata Sandiaga, dikutip dari laman resmi Sektertariat Kabinet, Selasa (10/10/2023).

Menurutnya, semua persiapan untuk penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2023 sudah berjalan sesuai rencana.

Dirinya berharap balapan yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika tersebut akan menarik perhatian karena ketatnya persaingan di puncak klasemen.

"Mudah-mudahan ini akan menjadi sebuah balapan yang sangat menarik dan mendatangkan pengunjung di atas target dan penonton yang sangat antusias, karena berbeda poin antara posisi satu dan posisi duanya ini, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin ini cukup dekat," imbuhnya.

Baca juga: Termasuk Mandalika, Ini Daftar Kawasan Ekonomi Khusus Bidang Pariwasata

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga meyakini penyelenggaraan ajang internasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 pada 10-11 Oktober 2023 akan memberikan dampak positif bagi pariwisata di Bali.

"Ini akan ada Archipelagic and Island States Forum di Bali minggu ini. Ini juga kita harapkan akan meningkatkan geliat pariwisata dan tingkat hunian hotel," ujarnya.

Sebelumnya, penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023 telah memberikan dampak signifikan di sektor pariwisata terutama dari segi hunian.

"ASEAN baru saja kita selesaikan perhitungannya, dampak terhadap ekonomi cukup signifikan untuk Jakarta terutama dari segi tingkat hunian hotel," tandas Sandiaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com