Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Mandalika Akan Punya Dua "Ground Water Tank", Ini Progresnya

Kompas.com - 02/03/2023, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah melaksanakan pembangunan tangki air bawah tanah atau Ground Water Tank (GWT) di The Mandalika.

Pembangunan GWT terbagi di dua lokasi yaitu west dan east. Dimulai sejak September 2021 dan ditargetkan selesai pada Juni 2023 mendatang.

"Pembangunan ground water tank melengkapi fasilitas pendukung kawasan untuk penampungan air bersih yang akan distribusikan kepada tenant dan digunakan di dalam kawasan Mandalika," ujar General Manager The Mandalika Molin Duwanno dalam keterangan resmi dikutip dari laman ITDC, Kamis (02/03/2023).

Pertama, untuk perkembangan pembangunan di West GWT saat ini telah mencapai 45%.

Terdiri dari tiga silo atau tangki penyimpanan air, masing-masing diameter 30 meter dan tinggi 11 meter dengan kapasitas tampung mencapai 8.000 m3 untuk setiap silonya.

Baca juga: Kawasan Mandalika Bakal Dikelilingi Fasilitas Pengamanan, Ini Rinciannya

Target pembangunan tahun ini, adalah merampungkan dua silo, yang masih harus dibangun sekitar 50 m3 pekerjaan concrete beton segment wall stage dan 396 m3 top slab.

Sedangkan pembangunan East GWT telah mencapai 35%, yang terdiri dari tiga silo diameter 30 meter dan tinggi 10 meter, dengan kapasitas masing-masing silo sebesar 7.000 m3.

Dari rencana tiga silo yang dibangun, tahun ini akan diselesaikan satu silo, meliputi pekerjaan 88 m3 beton wall stage dan 369 m3 top slab.

Pembangunan GWT menjadi bagian dari pekerjaan paket MUTIP I. MUTIP adalah program pembangunan infrastruktur di kawasan The Mandalika yang dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

"Kami akan memastikan pembangunan berjalan sesuai dengan perencanaan, baik dari sisi spesifikasi fisik, keamanan bangunan, maupun timeline penyelesaian. Dengan pembangunan GWT ini dapat meningkatkan keberlanjutan distribusi air bersih di kawasan The Mandalika," tutup Molin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com