Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Mandalika Bakal Dikelilingi Fasilitas Pengamanan, Ini Rinciannya

Kompas.com - 09/01/2023, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), sedang membangun fasilitas pengamanan kawasan The Mandalika.

Terdiri dari East Gate, West Gate, Kuta Gate 1, 2, 3, & 4, dan pagar keliling/perimeter fence (Black Gate/BG3-East Gate). 

Mengutip dari keterangan resmi di laman ITDC pada Sabtu (07/01/2023), hingga saat ini, progres pembangunan masing-masing fasilitas pengamanan tersebut meliputi East Gate mencapai 57 persen, West Gate 76 persen, Kuta Gate 1 & 2 mencapai 18 persen.

Kemudian, Kuta Gate 3 & 4 mencapai 83 persen, serta pembangunan perimeter fence (BG3-East Gate) telah mencapai 32 persen.

Adapun seluruh pekerjaan pembangunan fasilitas pengamanan kawasan The Mandalika ditargetkan selesai pada pertengahan Februari 2023 mendatang.

"Pembangunan fasilitas pengamanan berupa gate atau gerbang yang dapat dibuka dan ditutup ini merupakan salah satu upaya kami dalam meningkatan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan dalam kawasan The Mandalika," ujar General Manager The Mandalika Molin Duwanno.

Baca juga: Berada di Atas Bukit, Tempat Evakuasi Bencana di Mandalika Bisa Jadi Spot Wisata

Pembangunan fasilitas pengamanan dan perimeter fence (BG3-East Gate) ini merupakan bagian dari paket pekerjaan Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP) 2.

Nilai total Paket MUTIP 2 mencapai Rp 753 miliar yang dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur dasar.

Meliputi jalan akses rigid pavement, utility duct, street lighting solar panel, installing curb road, box culvert, pump pit, parkir utara kawasan, fasilitas pengamanan dan perimeter fence (BG3-East Gate).

Di dalam Paket MUTIP 2 ini juga termasuk pemasangan perimeter fence pada sisi selatan jalan Kuta Keruak sepanjang 5.250 meter dan telah diselesaikan 3.206 meter atau 61 persen.

Progres ini termasuk penyelesaian perimeter fence area Pertamina Mandalika Sirkuit sepanjang 2.175 meter.

Baca juga: Pullman Hadir di Mandalika, Tawarkan Desain Interior Suku Sasak

Sebagai informasi, MUTIP adalah program yang dibiayai sepenuhnya oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Di mana merupakan pembiayaan pertama secara standalone/mandiri yang dilakukan AIIB di Indonesia dan secara global merupakan pembiayaan pertama AIIB bagi kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata.

Molin berharap, semakin lengkapnya fasilitas pendukung kawasan, khususnya fasilitas pengamanan seperti ini, dapat menambah daya tarik kawasan bagi wisatawan maupun investor.

"Sehingga meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung dan minat investor untuk merealisasikan investasinya di The Mandalika," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com