Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang WSBK 2022, Lintasan Sirkuit Mandalika Beres Dipersolek

Kompas.com - 31/10/2022, 09:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) melakukan berbagai persiapan menyambut World Superbike Indonesia Round (WSBK) 2022 pada 11-13 November mendatang.

Mulai dari sisi infrastruktur, crowd control, hingga manajemen lalu lintas di kawasan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Provinsi NTB.

Dari sisi infrastruktur, salah satu yang telah diselesaikan adalah track improvement Sirkuit Mandalika.

Tujuannya meningkatkan kualitas lintasan main track sesuai permintaan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, kegiatan track improvement telah dilakukan seluruhnya pada tanggal 25 Oktober 2022.

Meliputi pelebaran run off di 7 tikungan, perubahan kerb biasa menjadi kerb misano sepanjang 250 meter, serta perbaikan/peningkatan kualitas aspal main track sepanjang 250 meter.

"Tim proyek berhasil melakukan percepatan 5 hari lebih cepat dari schedule awal dengan kualitas sesuai yang diminta oleh FIM," ujar Priandhi Satria dikutip dari laman ITDC.

Baca juga: Dibuat sejak Tahun 2017, Begini Sketsa Asli Lintasan Sirkuit Mandalika

Selain lintasan sirkuit, ITDC juga tengah melakukan penyiapan fasilitas parkir kawasan berikut jalan penghubungnya.

General Manager The Mandalika Bram Subiandoro menyampaikan, saat ini tengah merampungkan penyediaan fasilitas parkir kawasan termasuk jalan penghubung dari Roundabout Sunggung menuju area parkir selatan di Kawasan The Mandalika.

"Selain sebagai upaya peningkatan standarisasi sirkuit, pemenuhan fasilitas dan akses ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi penonton dan wisatawan," katanya.

Penataan fasilitas parkir di area Sirkuit dan Kawasan The Mandalika meliputi pekerjaan pengerasan area kantong parkir, pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) dengan solarcell, dan sinage penunjuk arah lot parkir.

ITDC menyediakan 16.350 lot parkir yang terbagi menjadi 12.207 kantong parkir pada radius 1 Km, terdiri dari 360 lot untuk parkir bus, 6. 588 parkir mobil dan 5.259 parkir sepeda motor.

Pada radius 2 Km, terdapat 794 lot parkir bus dan radius 3 Km terdiri dari 110 lot parkir bus, 2.791 parkir mobil dan 448 parkir sepeda motor.

Adapun jalan penghubung atau akses dari Roundabout Sunggung menuju area parkir selatan dibangun sepanjang 2,5 Km.

Terdiri dari 2 jalur kendaraan (1 jalur kendaraan roda empat dan 1 jalur kendaraan roda 2) selebar masing-masing 9 meter, yang dilengkapi dengan sidewalk (jalur pejalan kaki) selebar 4 meter, dan bike lane (jalur khusus sepeda) selebar 2 meter.

Tidak hanya itu, guna memastikan penyelenggaraan event berjalan lancar baik di sisi crowd control dan manajemen lalu lintas, ITDC dan MGPA telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Polda NTB dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

"Berkaca dari penyelenggaraan WSBK dan MotoGP sebelumnya, crowd control dan manajemen lalu lintas selama event perlu mendapat perhatian khusus," tandasnya.

Baca juga: Berada di Atas Bukit, Tempat Evakuasi Bencana di Mandalika Bisa Jadi Spot Wisata

Oleh karena itu, ITDC dan MGPA telah melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Polda NTB dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB untuk mekanisme pengaturan crowd control dan manajemen lalu lintas selama event WSBK 2022.

"Salah satu bentuk antisipasi kita adalah penonton yang telah memiliki tiket akan dibekali infografis rute jalan untuk mengetahui titik kedatangan dan rute menuju tribun penonton di Mandalika Sirkuit," pungkas Bram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com