Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Amerika Miliki Kuil Hindu Terbesar Kedua di Dunia

Kompas.com - 09/10/2023, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Daily Mail

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan di Asia, bangunan kuil Hindu terbesar kedua di dunia ternyata berada di New Jersey, Amerika Serikat.

Kuil bernama BAPS Akshardham tersebut akhirnya diresmikan pada Minggu (8/10/2023) waktu setempat setelah dibangun selama 12 tahun oleh 12.500 orang sukarelawan dari seluruh dunia.

Istilah BPAS sendiri merujuk pada Bochasanwasi Shri Akshar Purushottam Swaminarayan Sanstha, adalah tradisi Hindu yang mengikuti ajaran Bhagwan Swaminarayan.

Tempat ibadah ini memiliki luas kurang lebih 185 hektar dan tinggi 58 meter ini diketahui merupakan kuil Hindu terbesar yang ada di Amerika.

Baca juga: Sekolah Tinggi Agama Hindu Bakal Punya Rusun Berarsitektur Bali

Dengan luas 185 hektar, kuil agung ini didedikasikan untuk Bhagwan Swaminarayan, seorang pemimpin spiritual Hindu yang dihormati dari abad ke-19.

Bagian interior kuil Hindu, BAPS Akshardham di New Jersey, Amerika SerikatBAPS Akshardham Bagian interior kuil Hindu, BAPS Akshardham di New Jersey, Amerika Serikat

Seperti dikutip dari Daily Mail, kuil ini terbuat dari batu marmer, granit, dan batu kapur yang diukir langsung oleh para pengrajin di India.

Potongan batu tersebut kemudian dikirim ke Amerika Serikat dan dirakit oleh para relawan dari di bawah bimbingan pengrajin dari India.

Kuil ini menampilkan 10.000 patung dan 151 ukiran yang menggambarkan kebudayaan India kuno.

Tiga negara bagian New York diketahui memiliki penganut agama Hindu terbesar di Amerika.

Baca juga: Peneliti Temukan Kuil Buddha Berusia 1.200 Tahun di Malaysia

BAPS sendiri telah membangun lebih dari 100 kuil Hindu di Amerika Serikat dan sekitar 1.400 bait suci di seluruh dunia, termasuk India, Inggris, AS, Kanada, Kenya, Afrika Selatan, dan Australia.

Sebagaiamana diketahui, kuil agung di New Delhi, India, adalah kuil Hindu terbesar di dunia. Pembangunannya memakan waktu kurang lebih 5 tahun dan melibatkan lebih dari 8.000 sukarelawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com