Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Masalah Pertanahan, BPN Jaktim Gandeng Kejaksaan

Kompas.com - 02/10/2023, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menangani berbagai pemasalahan tanah di Jakarta Timur (Jaktim), Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Jaktim menggandeng Kejaksaan Negeri setempat. 

Hal ini terwujud dalam penandatanganan nota kesepahaman (Memoranding of Understanding/MoU) antara Kepala Kantor BPN Kota Jakarta Timur, Dony Novantoro dengan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur, Dwi Antoro di Oakwood Hotel Taman Mini Rabu (27/9/2023). 

Nota kesepahaman tersebut berisi kerjasama kedua belah pihak terkait pembinaan teknis penata pertanahan, analis pertanahan dan PPNPN, kerjasama penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara, serta penanganan konflik, sengketa dan perkara pertanahan.

Baca juga: Penjelasan Kementerian ATR/BPN soal Perpanjangan HGB Hotel Sultan

Dalam kesempatan tersebut, Dony Novantoro mengatakan penandatangann kerjasama dilakukan menindaklanjuti perintah Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto untuk bersinergi dengan 4 pilar Forkopinda dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kejaksaan Negeri adalah salah satu pihak yang wajib diajak bersinergi dalam rangka pelaksanaan tupoksi sehingga pelaksanaan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kegiatan ini juga untuk memperbarui MoU yang pernah dilakukan oleh kantor Pertanahan Jakarta Timur dengan Kejaksaan Negeri Jakarta Timur dalam rangka pertimbangan hukum, bantuan hukum, tindakan hukum lain dan konsultasi hukum sesuai kebutuhan," ujar Dony Novantoro dalam keterangannya.

Baca juga: Hingga Kini, ATR/BPN Telah Selamatkan Aset Negara Senilai Rp 643 Triliun

"Kita harus berkomitmen memperbaiki pelayanan pertanahan kepada Masyarakat, karena kita harus mengingat hal-hal yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil”, pungkas Dony.

Turut hadir dalam acara penandatanganan nota tersebut yakni Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Kejaksaan Negeri Jaktim Cakra Yudha Hadi Wibowo, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Jaktim, Yogi Sudharsono berserta jajaran pimpinan  dan 86 Peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com