Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPN Kabupaten Bekasi Dapat Hibah Tanah Satu Hektar

Kompas.com - 15/09/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberikan hibah berupa tanah seluas 10.000 meter persegi kepada Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bekasi untuk peningkatan kualiatas.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Kabupaten Bekasi Dani Ramdan menyatakan dukungannya seperti dikutip dari laman Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Jumat (15/9/2023).

"Ini sebagai wujud apresiasi kita juga karena memang Kabupaten Bekasi ini PAD (Pendapatan Asli Daerah)-nya dari BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan) dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Sehingga, kalau ATR/BPN kerjanya optimal dampaknya PAD juga," ucap dia.

Baca juga: Hadi Puji BPN Kabupaten Bekasi, 100 Persen Berkas Masuk Prioritas

Selain itu, Pemkab Bekasi juga memberikan bantuan kendaraan untuk mendukung mobilitas pelayanan kepada masyarakat.

"Kami memberikan bantuan berupa mobil operasional, sebagian di tahun 2024. Tentunya, untuk menunjang layanan mobilitas ke daerah-daerah, ke desa-desa," tambah Dani.

Karena, luas Kabupaten Bekasi itu lebih luas dari DKI Jakarta, maka jarak tempuh perjalanan ini membutuhkan sarana mobilitas yang kuat.

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto pun memuji kinerja Kantah Kabupaten Bekasi yang dinilainya sangat baik.

Sebab, 100 persen dari 21.163 berkas permohonan yang masuk dalam layanan prioritas sudah diselesaikan hingga minggu pertama September 2023.

"Kita harus melayani masyarakat, harus dengan senyum ikhlas," tutur Hadi.

Apabila masyarakat juga tidak puas dengan layanan Kantah Kabupaten Bekasi, dia memberikan nomor WhatsApp 0811-1068-0000 yang akan langsung dibacanya.

Kini, Kantah Kabupaten Bekasi di Provinsi Jawa Barat telah memiliki Loket Layanan Pertanahan baru dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com