Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Agustus 2023, Kontrak Baru WIKA Tembus Rp 19,98 Triliun

Kompas.com - 02/10/2023, 10:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Agustus 2023, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) berhasil mengantongi nilai kontrak baru sebesar Rp 19,98 triliun. 

Nilai kontrak tersebut berhasil tumbuh sebesar 10,7 persen (Year on Year/YoY) dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu sebesar Rp 18,04 triliun.

Kontribusi terbesar pada perolehan kontrak baru tersebut berasal dari segmen infrastruktur dan bangunan gedung sebesar 47,3 persen, disusul dari segmen industri, EPCC, properti dan investasi.

Baca juga: WIKA Ngebut Bereskan Tujuh Proyek Bendungan

Dari sisi pemberi kerja, sebagian besar proyek yang diraih oleh WIKA berasal dari BUMN, Pemerintah, dengan skema pembayaran monthly progres.

Corporate Secretary WIKA, Mahendra Vijaya mengungkapkan bahwa peningkatan kontrak baru ini menandakan bahwa langkah-langkah transformasi Perseroan mulai membawa hasil,

Hal tersebut juga berhasil meningkatkan kepercayaan pemberi kerja dengan kinerja yang semakin excellence.

WIKA Siap Bangun Bendungan Cijurey

Salah satu proyek terbaru yang berhasil didapatkan WIKA pada Agustus 2023 adalah proyek Bendungan Cijurey Paket 3, Bogor, Jawa Barat. Proyek ini dipercayakan oleh Kementerian PUPR kepada WIKA - Jaya Konstruksi KSO.

Dengan porsi 70 persen pada KSO dengan nilai kontrak WIKA sebesar Rp 724,75 Miliar, WIKA dipercaya untuk mengerjakan lingkup jalan akses, pembangunan bangunan pelimpah dan pengambilan, hidro mekanikal dan elektrikal, serta pengerjaan area genangan. 

Baca juga: Keroyokan dengan Kontraktor Ini, WIKA Bangun Jaringan Pipa di Jakarta

Seluruh proses pengerjaan Bendungan Cijurey diharapkan bisa rampung pada tahun 2028 mendatang. 

Proyek Bendungan Cijurey sendiri dibangun untuk menjawab kebutuhan warga kepada pemerintah Kabupaten Bogor terhadap irigasi, dengan membantu perairan lahan persawahan yang kering selama kemarau di Bogor Timur.

Mahendra menyampaikan raihan proyek Bendungan Cijurey menjadi cerminan kepercayaan dari Pemerintah lewat Kementerian PUPR terhadap WIKA setelah berhasil menyelesaikan Proyek Strategis Nasional (PSN) pada sektor sumber daya air termasuk Bendungan.

“Keterlibatan WIKA dalam pembangunan Bendungan Cijurey menunjukan komitmen WIKA untuk hadir dalam penyelenggaraan pembangunan infrastruktur tanah air yang memprioritaskan kemanfaatan sebesar-besarnya kepada masyarakat," ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (2/10/2023).

"Amanah ini akan kami jawab dengan pelaksanaan proyek yang baik sesuai target kualitas dan waktu yang ditetapkan oleh pemilik proyek,” lanjutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com