Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Berencana Jual 3 Ruas Jalan Tol, Ini Profilnya

Kompas.com - 19/06/2023, 14:48 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA bakal melakukan divestasi saham (melepas kepemilikan saham) atas tiga ruas jalan tol pada tahun ini.

Ketiganya adalah Jalan Tol Manado-Bitung (Mabit), Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), serta Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) pada tahun ini.

Informasi tersebut disampaikan Corporate Secretary WIKA Mahendra Vijaya, Jumat (16/6/2023).

"Kita ada beberapa ruas jalan tol yang kita rencanakan divestasi yaitu (Tol) Manado-Bitung, terus kemudian Balikpapan-Samarinda, terus Tol Soreang-Pasir Koja. Itu yang akan kita targetkan untuk divestasi di tahun ini," jelasnya.

Soal evaluasi nilai dari ketiga tol yang direncanakan dilepas perseroan tahun ini, Mahendra belum dapat memastikan berapa besarannya.

"Wah belum tahu deh, nanti kita cek dulu angkanya," tutup Mahendra.

Lantas, seperti apa profil dari ketiganya?

1. Tol Mabit

Tol Mabit merupakan jalan tol terpanjang di Pulau Sulawesi yang membentang hingga 39,8 kilometer.

Selain menjadi yang terpanjang di Sulawesi, Mabit juga menjadi tol pertama yang ada di wilayah Sulawesi Utara.

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung 25 kilometer yang dibangun PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).

Baca juga: WIKA Bakal Lepas Saham Tiga Jalan Tol, Apa Saja?

Pembangunan jalan tol ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 3,18 triliun serta nilai investasinya mencapai hampir Rp 5 triliun atau tepatnya Rp 4,95 triliun.

Diketahui, jalan tol ini dimiliki JMB, di mana proporsinya terdiri dari 65 persen saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk, 20 persen WIKA, serta PT PP (Persero) Tbk sebesar 15 persen.

2. Tol Balsam

Tol Balsam memiliki total panjang 97,99 kilometer yang menjadi infrastruktur jalan bebas hambatan berbayar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com