Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor China Disebut dalam Wacana Pembangunan Jembatan Sumatera-Bangka

Kompas.com - 26/09/2023, 20:40 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Wacana pembangunan jembatan antar-pulau yang menghubungkan Bangka dengan daratan Sumatera kembali mengemuka.

Investor asal China disebut-sebut tertarik untuk membangun jembatan yang dirancang sepanjang 13,5 kilometer itu.

Peluang adanya investor diungkapkan saat pertemuan manajemen PT Garuda Kopan Berjaya dengan Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu di rumah dinas gubernur, Senin (25/9/2023).

Direktur Utama PT Garuda Kopan Berjaya,Rimso Maruli Sinaga berharap dapat turut serta membangun Kepulauan Bangka Belitung, khususnya dalam hal pembangunan jembatan.

Baca juga: Siap-siap, Jembatan Kaca di Bromo Bakal Difungsikan Akhir Tahun 2023

"Jadi kami ini menawarkan investor. Kalaupun jadi, nantinya grup kami akan menangani pembangunan jembatan, dan secara teknis, nanti akan bersurat ke Pemprov Kepulauan Babel sebagai langkah tindaklanjutnya," kata Rimso.

Rimso berharap bisa merealisasikan pembangunan jembatan tersebut, karena keberadaannya akan menghidupkan ekonomi masyarakat.

"Tadi juga sempat dibahas, tindaklanjut dari pembangunan Jembatan Bahtera ini sudah sampai pada tahapan penyelesaian studi kelayakan atau feasibility study (FS), dan itu sudah ada di Bappeda," ungkapnya.

Dia melanjutkan, penjabat gubernur senang dengan hal ini, karena jika terealisasi, akan bermuara pada terciptanya konektivitas antara Provinsi Kepulauan Babel dengan beberapa pulau d sekitarnya.

"Beliau berharap, grup kita bisa merealisasikannya. Tentunya kami akan berusaha agar bisa terealisasi," tambah Rimso.

Baca juga: Usai Rekonstruksi, Jembatan Cikareteg Siap Dilalui Oktober

Sebelumnya, ungkap Rimso, sudah ada beberapa investor yang datang, tapi tidak ada tindak lanjut.

"Nah, kami di sini siap menjadi investor, baik secara sistem ataupun Department of Transportation (DOT)-nya juga kami siap. Semoga ke depannya Kepulauan Babel jadi provinsi yang semakin maju," lanjut dia.

Sementara itu, Pj Gubernur Suganda menyatakan mendukung rencana pembangunan jembatan yang diberi nama Jembatan Bahtera Sriwijaya itu.

Menurutnya, jembatan akan menghadirkan konektivitas antara Provinsi Kepulauan Babel dengan Pulau Sumatera.

"Kedatangan pak Rimso Sinaga tadi, dalam rangka silaturahmi. Tadi kita juga membicarakan tentang masalah investor, yang mau berkontribusi membangun Kepulauan Babel dalam bentuk apapun," ujar Suganda.

Baca juga: Pasca-longsor, Jembatan Cikereteg Bisa Dilintasi Lagi Oktober

Suganda mengungkapkan, investor yang ditawarkan PT Garuda Kopan Berjaya tersebut berasal dari China. Jika tawaran untuk pembangunan Jembatan Bahtera tersebut serius, maka kedua pihak akan kembali menjadwalkan pertemuan lanjutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com