Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-longsor, Jembatan Cikereteg Bisa Dilintasi Lagi Oktober

Kompas.com - 15/09/2023, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang mempercepat pembangunan kembali atau rekonstruksi Jembatan Cikereteg untuk memperlancar konektivitas antarwilayah Bogor-Sukabumi.

Pembangunan kembali jembatan sepanjang 50,8 meter dan lebar 13 meter di Jalan Raya Ciawi-Benda, Kabupaten Bogor, ini dilaksanakan setelah terdampak lonsor pada Desember 2022 dan Februari 2023.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga KM Arsyad mengatakan, Jembatan Cikereteg siap dilalui pada Oktober 2023.

"Tadi sudah disampaikan bahwa open traffic akan dilakukan pada bulan Oktober," ujarnya, dikutip dari laman Kementerian PUPR, Jumat (15/9/2023).

Baca juga: Sambut Piala Dunia U-17, Jembatan dari Ancol ke JIS Segera Dibangun

Penanganan jembatan bertipe PCI grider ini meliputi pekerjaan pondasi borepile diameter 80 cm dengan kedalaman 30 meter, dan pemasangan gelagar beton tipe I dengan bentang 50, 8 meter.

Sedangkan jenis penanganan longsoran dan sungai yaitu pemasangan bronjong dan armor blok beton di hilir sungai guna memperlambat aliran arus air.

Hingga September 2023, progres total pekerjaan Jembatan Cikereteg telah mencapai 58,42 persen. Di mana realisasi pekerjaan stage 1 sisi barat 94 persen dan stage 2 sisi timur 56 persen.

Adapun pembangunan Jembatan Cikereteg melibatkan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya (Persero) sejak dikeluarkan SPMK tanggal 8 Desember 2022 beserta perubahannya dengan rancangan anggaran APBN senilai Rp 56,9 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com