Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun 2023, Indrapura-Kisaran Sudah Terhubung Jalan Tol

Kompas.com - 26/09/2023, 15:51 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 km ditargetkan selesai pada akhir tahun 2023.

Jalan Tol Kisaran-Indrapura terbagi dalam dua seksi. Seksi 1 sepanjang 15,6 km yang menghubungkan Indrapura-Limapuluh. Sementara Seksi 2 sepanjang 32,15 km menghubungkan Limapuluh-Kisaran.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, untuk konstruksi Seksi 1 sudah selesai dan juga telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada awal September 2023 lalu.

Sedangkan untuk Seksi 2 masih dalam tahap konstruksi dengan progres mencapai 83,99 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol akan menurunkan biaya logistik serta memangkas waktu tempuh distribusi barang dan jasa antar wilayah.

"Di samping itu mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (26/09/2023).

Baca juga: 3 BUMN Karya Garap Tol Pertama di Jambi, Terhubung hingga Lampung

Jalan Tol Indrapura-Kisaran dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp 6,05 triliun dan dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Karya (Persero).

Infrastruktur jalan bebas hambatan berbayar di Sumatera Utara tersebut menghubungkan Kabupaten Batubara di sisi Utara dan Kabupaten Asahan di sisi Selatan.

Jalan tol ini nantinya juga akan menghubungkan sentra produksi peningkatan perekonomian bagi masyarakat pada wilayah yang terkoneksi.

Khususnya dari daerah wilayah Medan menuju Kisaran dan sekitarnya dengan mempercepat waktu tempuh yang biasanya sekitar 4 jam menjadi 2 jam.

Selain itu, kehadiran jalan tol tersebut juga diharapkan dapat mempermudah akses ke berbagai destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Karena akan terhubung dengan ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat yang mempermudah akses wisatawan, khususnya dari Kota Medan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com