Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bareng TNI, Kementerian PUPR Bedah 170 Rumah di Ogan Komering Ulu Sumsel

Kompas.com - 26/09/2023, 09:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama dengan TNI, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melaksanakan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah bagi 170 unit rumah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (25/9/2023), bantuan tersebut terbagi dalam dua tahap. Pertama, sebanyak 120 unit dan kedua 50 unit.  

Kegiatan Karya Bakti TNI ini dilaksanakan pada Desa Muara Saeh Kecamatan Muara Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu dimana terdapat total 8 penerima BSPS.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Jhonny Rakhman menjelaskan, kegiatan bedah rumah warga di Kabupaten OKU dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI Tahun 2023.

Baca juga: 2.428 Rumah di Sulteng akan Dibedah Lewat Program BSPS

Sebagai langkah awal kegiatan kolaborasi tersebut, bantuan bedah rumah akan diberikan pada salah satu penerima bantuan BSPS yakni Sudirman di Desa Muara Saeh, Kecamatan Muara Jaya.

Menurutnya, kolaborasi yang dilaksanakan antara Kementerian PUPR melalui Balai P2P Sumatera V dan TNI Angkatan Darat melalui Kodim 0403 OKU menjadi salah satu inovasi yang diharapkan dapat berlangsung terus-menerus.

Adanya kolaborasi ini memiliki dampak positif pada penyelengaraan program mulai dari kecepatan pelaksanaan rehabilitasi rumah, meningkatkan gotong royong masyarakat, serta secara tidak langsung menjamin keamanan dalam pelaksanaan BSPS di OKU.

"Dalam kegiatan bedah rumah ini kami menggandeng TNI di Kabupaten OKU, khususnya KODIM 0403 OKU pada 13 September 2023 lalu guna melaksanakan Karya Bakti TNI Satkorwil di Wilayah Kodim 0403 OKU. Anggota Kodim 0403 membantu melaksanakan pembongkaran rumah penerima bantuan serta membantu pelaksanaan pembangunan rumah hingga selesai 100 persen," tambah dia.

Jhonny menambahkan, untuk menunjang keberhasilan program bantuan yang akan diberikan Kementerian PUPR bersama KODIM 0403 OKU kepada penerima bantuan BSPS, dilakukan pembahasan mekanisme pelaksanaan oleh Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Selatan, Dandim 0403 OKU dan Dinas Perkim Kabupaten OKU.

Koordinasi tersebut diperuntukkan untuk mengenalkan lebih lanjut mengenai BSPS kepada TNI khususnya yang berada di satuan Kodim 0403 OKU.

"Kami harap kolaborasi antara Kementerian PUPR dan TNI dalam BSPS juga dapat dilaksanakan di kabupaten/kota lain di Sumsel serta di provinsi lainnya," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com