Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Inovasi Ramah Lingkungan dalam Produk Rumah Tangga

Kompas.com - 01/09/2023, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mewujudkan alam yang asri dan nyaman untuk ditinggali, perlu dilakukan beragam upaya termasuk menciptakan produk rumah tangga yang ramah lingkungan.

Hal ini telah menjadi prinsip yang diterapkan oleh produsen alat-alat rumah tangga dan produk teknologi air asal Jepang, LIXIL.

Leader LIXIL Water Technology Asia Pacific, Satoshi Konagai mengatakan LIXIL memproduksi berbagai produk rumah tangga yang ramah lingkungan.

Baca juga: Soal Toilet, Indonesia Harus Belajar dari China dan India

Salah satunya adalah fitur hemat air tertanam dalam produk American Standard, yang mana bisa menghemat air hingga 40 persen.

“Toilet Studio S hanya menggunakan satu galon (3,8 liter) air per penyiraman. Ini hampir 40 persen lebih sedikit dibandingkan standar industri. Hal ini bisa diwujudkan berkat teknologi pembilasan PowerFlow yang inovatif,” ungkap Satoshi dalam wawancara dengan Kompas.com, Jumat (1/9/2023).

Selain itu, LIXIL juga memproduksi keran dapur berfilter American Standard Saybrook memanfaatkan teknologi filtrasi untuk menghilangkan kotoran seperti timbal, klorin, dan partikel kecil dari air keran.

Dengan penggunaan teknologi ini, maka setiap rumah dapat memiliki air minum yang aman hanya dengan satu sentuhan tombol.

Inovasi ramah lingkungan lainnya juga diperkenalkan LIXIL bisa ditemukan melalui merk Grohe. Merk ini telah memperkenalkan varian bersertifikasi “Cradle to Cradle” yang menggunakan material daur ulang hingga 99 persen.

Baca juga: Produsen Alat Kebersihan Ramah Lingkungan Resmikan Pabrik di Gresik

LIXIL juga mendukung penggunaan bahan mentah yang berkelanjutan dalam seluruh siklus produk yang dihasilkan.

“Kami mendukung penggunaan bahan mentah berkelanjutan dalam seluruh siklus produk yang dihasilkan. Ini dimulai dari pengadaan bahan mentah hingga produksi, penggunaan akhir, dan pembuangan produk,” papar Satoshi.

Ia menambahkan produk yang dihasilkan LIXIL lebih dari sekadar merancang, memproduksi, dan pemasokan.

 

LIXIL berkolaborasi dan bermitra dengan arsitek, desainer, dan pengembang untuk berbagi ide dan praktik terbaik melalui sponsorship acara global seperti Festival Arsitektur Dunia dan Penghargaan Properti Internasional.

“Kami juga bekerja sama dengan mitra industri untuk menyebarkan kesadaran yang lebih besar terhadap produk dan bahan ramah lingkungan melalui penerapan praktis dalam American Standard Design Awards yang menargetkan desain dari mahasiswa,” tambah Satoshi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com