Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan dirinya akan menjadi menteri pertama yang tinggal di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kalau mau jadi model pelopor tinggal di IKN, daftar ke saya. Insya Allah saya akan menjadi menteri pertama yang akan tinggal di IKN, walaupun mungkin cuma beberapa bulan," kata dia dalam acara PSN Sewindu di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Tak hanya Basuki, melainkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pun juga menjadi yang paling awal tinggal di ibu kota baru Indonesia tersebut.

Maka dari itu, Airlangga pun mengajak Basuki untuk meminum kopi bersama di IKN.

Baca juga: Jadi Menteri Pertama Tinggal di IKN, Airlangga Ajak Basuki Ngopi Bareng

“Pembangunan ibu kota negara ini selain kantornya pak Basuki, kantor Kemenko pun yang akan di sana. Jadi, nanti saya akan ngopi bareng dengan pak Basuki di IKN saat selesai pertama, kita nikmati bulan bulan menjelang Agustus. Nah, itu perencanaannya,” ungkap Airlangga.

Untuk di IKN sendiri, kini sudah ada Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Tol bakal menjadi modal infrastruktur untuk tersambung ke IKN.

Adanya proyek jalan tol tersebut diharapkan waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN hanya 40 menit.

Tidak hanya itu, Kementerian PUPR pun juga tengah membangun Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) di IKN.

Sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menuturkan, pembangunan RTJM akan dibangun sebanyak 36 unit di dua kawasan.

Rinciannya, 12 unit di persil 104 dan 24 unit di persil 105 bakal rampung pada tahun 2024 mendatang.

“Ditjen Perumahan Kementerian PUPR saat ini terus berupaya mempercepat proses pembangunan RTJM di IKN,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com