Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Beton Precast Tbk atau WSBP memastikan suplai produk untuk proyek di Ibu Kota Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) beres pada tahun 2024 mendatang.

President Commisioner/Independent WSBP Agus Budiman Manalu mengungkapkan hal ini dalam keterangan tertulis, Senin (24/7/2023).

“Kami berkomitmen untuk menyelesaikan suplai pada 2024 sesuai dengan target Pemerintah. Sehingga, dapat digunakan pada saat HUT ke-79 RI,” ungkap Agus.

WSBP telah memperoleh dari IKN senilai Rp 230 miliar ini yang dinilai menjadi angin segar pada kontrak baru perusahaan.

Perseroan menilai IKN adalah peluang yang sangat bagus karena menyerap kebutuhan yang menjadi core business (bisnis inti) perusahaan.

Baca juga: Naik 46 Persen, Waskita Beton Cetak Kontrak Baru Rp 975 Miliar

Sebagaimana diketahui, pada proyek besar ini, WSBP menyuplai produk readymix (Mutu Fc 10-Fc 50 dan Fs 45) untuk Pembangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung
Kawasan Istana Kepresidenan RI.

Kemudian, Pembangunan Jalan Kerja/Logistik IKN (KIPP) Paket Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4, dan Proyek Tol Simpang Tempadung-Pulau Balang Seksi 5A.

 

Sementara itu, President Director WSBP FX Poerbayu Ratsunu menambahkan, saat ini progres pembangunan IKN terus berjalan sesuai target, baik pembangunan gedung untuk kantor kementerian dan jalan tol, hingga sarana pendukung seperti saluran air dan gorong-gorong, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), dan lain-lain.

“Kami lakukan koordinasi hari ini guna mendukung penyelesaian proyek tersebut, baik dengan Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi, pihak kepolisian, dan Otorita IKN,” ucap Poerbayu.

Untuk mendukung target percepatan penyelesaian tersebut, WSBP mengerahkan produksi readymix dari Batching Plant (BP) Sepaku dengan volume produksi 4.157 meter kubik dan masih akan terus bertambah.

“WSBP punya 2 BP di Sepaku, BP Sepaku I sudah produksi dan BP Sepaku II masih proses pembangunan. Kami targetkan dapat segera beroperasi,” kata dia.

Selain BP Sepaku, perusahaan juga memiliki BP Tempadung yang menyuplai readymix Fc 10, Fc 15, Fc 30 dan Fc 50 fc 20, Fc 35 dengan kapasitas 90 meter kubik per jam dan volume 53.371 meter kubik untuk Proyek Tol Simpang Tempadung-Pulau Balang Seksi 5A.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com