Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2023, 16:52 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) minum kopi bersama di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Airlangga beralasan, selain kantor Kementerian PUPR yang selesai dibangun, kantor Kemenko Perekonomian pun demikian.

Hal ini disampaikan Airlangga dalam paparannya saat acara PSN Sewindu di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Baca juga: Nilainya Rp 4,3 Triliun, Ini Progres Tujuh Proyek IKN Garapan Waskita

“Pembangunan ibu kota negara ini selain kantornya pak Basuki, kantor Kemenko pun yang akan di sana. Jadi, nanti saya akan ngopi bareng dengan pak Basuki di IKN saat selesai pertama, kita nikmati bulan bulan menjelang Agustus. Nah, itu perencanaannya,” ungkap Airlangga.

Senada dengan yang dikatakan Airlangga, Basuki mengatakan dirinya akan menjadi menteri pertama yang tinggal di IKN.

Namun demikian, dirinya hanya tinggal beberapa bulan sebab masa Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berakhir tahun depan.

"Kalau mau jadi model pelopor tinggal di IKN, daftar ke saya. Insyaallah saya akan menjadi menteri pertama yang akan tinggal di IKN. Walaupun mungkin cuma beberapa bulan," ujarnya.

Dia menyebutkan, di IKN sendiri sudah ada Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam). Tol ini bakal menjadi modal infrastruktur untuk tersambung ke IKN.

Adanya proyek jalan tol tersebut diharapkan waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN hanya 40 menit.

"Tol Balsam di IKN sepanjang 99 kilometer Alhamdulillah, kita sudah punya modal yang akan nanti kita sambungkan ke IKN. Targetnya, dari Balikpapan ke IKN bisa kita capai tidak boleh lebih dari 40 menit," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com