Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Izin Operasi, KCJB Uji Pertama Bareng Ditjen Perkeretaapian

Kompas.com - 26/07/2023, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) melakukan uji pertama untuk mendapatkan sertifikat uji pertama dan izin operasi prasarana.

Uji pertama dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Terdapat berbagai tahapan pengujian, mulai dari pengujian rancang bangun dokumen, pengujian rancang bangun fisik, hingga uji fungsi.

Pengujian rancang bangun dokumen adalah proses untuk mengecek kesesuaian dokumen proyek dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Kereta Api Kecepatan Tinggi.

Pengujian rancang bangun fisik adalah pengecekan kesesuaian kondisi di lapangan dengan dokumen proyek maupun Permenhub Nomor 7 Tahun 2022.

Kemudian uji fungsi adalah pengetesan fungsi prasarana dengan berbagai parameter yang telah ditentukan.

Pengujian prasarana KCJB dibagi menjadi dua aspek, yaitu pengujian jalan dan bangunan serta pengujian fasilitas operasi.

Baca juga: Mengenal Teknologi Komunikasi KCJB, Biasa Dipakai Kereta Api di Eropa

Pengujian jalan dan bangunan, meliputi jalur KCJB di emplasemen maupun petak jalur, jembatan, serta terowongan.

Untuk jalur KCJB, objek yang diuji di antaranya rel, wesel, bantalan rel, dan penambat. Sedangkan untuk pengujian fasilitas operasi, meliputi persinyalan, telekomunikasi, dan kelistrikan.

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, pengujian telah dimulai sejak 12 Juni 2023 dan terus berlangsung hingga saat ini di berbagai area operasional KCJB relasi Jakarta-Bandung.

"Sebagai layanan Kereta Api Cepat pertama di Asia Tenggara, KCIC bersama Kemenhub melakukan pengujian dengan penuh ketelitian," ucap Eva, seperti dikutip dari keterangan resmi.

Lanjutnya, seluruh aspek dicek satu per satu secara bertahap untuk memastikan Kereta Api Cepat dapat beroperasi dengan aman dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com