Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kereta Feeder KCJB Jalur Padalarang-Bandung, Sejumlah Fasilitas Dibangun

Kompas.com - 17/06/2023, 17:48 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah fasilitas pendukung operasional kereta pengumpan (feeder) dari Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) jalur Padalarang-Bandung sedang dibangun.

Dikutip dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), fasilitas yang dimaksud yakni flyover serta jembatan penyeberangan orang (JPO) di Ciroyom dan Cimahi, Jawa Barat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan, Stasiun Padalarang akan menjadi titik perjumpaan KCJB dengan kereta feeder yang akan menuju Stasiun Bandung.

Perjalanan antara Stasiun Padalarang-Bandung dengan kereta feeder KCJB dapat ditempuh sekitar 20-22 menit dengan kecepatan maksimal 90 km per jam, headway lintas 9 menit, dan waktu integrasi 6-7 menit.

"Terdapat 72 KA per hari dengan 4 unit trainset yang akan beroperasi dan dapat menampung kapasitas hingga 240 penumpang per hari," ujar Budi saat meninjau lokasi proyek pembangunan fly over pada perlintasan sebidang di wilayah Bandung, Sabtu (17/06/2023).

Baca juga: KCIC Mulai Persiapkan Izin Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Pembangunan flyover dan JPO yang berada di Stasiun Ciroyom, dan di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom), Cimahi, merupakan bagian dari program penanganan perlintasan sebidang yang dilakukan oleh Kemenhub melalui Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Bandung Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA).

Pembangunan dilakukan untuk menghilangkan sejumlah perlintasan sebidang yang ada di jalur kereta feeder KCJB (Padalarang-Bandung) sepanjang 14,66 km.

Pendanaan pembangunan flyover dan JPO Ciroyom bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan kontrak tahun jamak 2022-2023. Ditargetkan pengerjaannya selesai pada akhir tahun 2023.

Sementara itu, untuk flyover dan JPO di Pusdikpom akan diusulkan pembiayaannya melalui SBSN tahun 2024. Saat ini tengah dilakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk dengan pihak Pusdikpom.

Baca juga: Nih Sederet Fasilitas yang Bakal Tersedia di Stasiun KCJB

Selain dua titik flyover dan JPO, Kemenhub juga tengah melakukan pengerjaan penataan rel (emplasemen), sistem persinyalan dan elektrifikasi, jembatan penghubung (skybridge), dan pengerjaan fasilitas lainnya di tiga stasiun yang dilalui kereta feeder KCJB, yaitu Stasiun Padalarang, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Bandung.

Pembangunan fasilitas tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2023.

"Melalui sejumlah pembangunan fasilitas tersebut, diharapkan dapat meningkatkan keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kelancaran perjalanan kereta feeder KCJB, serta mengurangi kemacetan lalu lintas jalan raya," pungkas Menhub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com