Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Besok, Ada Pemeriksaan Truk ODOL di Tol Cipularang

Kompas.com - 15/05/2024, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Selasa (14/5/2024) hingga Kamis (16/5/2024), akan dilakukan operasi kendaraan Over Dimension Over Load (ODOL) di KM 120 ruas tol Cipularang arah Jakarta.

Pemeriksaan ini dilakukan oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) sebagai pengelola Jalan Tol Cipularang bersama pihak Kepolisian, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Jasa Raharja, Garnisun Kota Bandung dan PT Jasamarga Tollroad Operation (JMTO) selaku service provider operasional jalan tol.

Target operasi ODOL ini berfokus pada kendaraan yang melebihi kapasitas dimensi dan berat. Untuk kendaraan yang melanggar ketentuan tersebut akan diberikan penindakan berupa tilang oleh pihak Kepolisian.

Baca juga: Gimmick MLFF, Bisa Hadang Truk ODOL di Jalan Tol

Senior Manager Representative Office 3 (JMT), Agni Mayvinna menyampaikan tujuan dilakukannya operasi penertiban kendaraan ODOL ini sebagai langkah pencegahan karena kendaraan ODOL berpotensi menimbulkan kecelakaan dan fatalitas di jalan tol.

Ini terbukti dari minimnya angka kecelakaan selama periode pelayanan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1445 H kemarin yang bertepatan dengan terbitnya aturan pembatasan kendaraan besar.


“Setelah periode arus mudik dan balik dan sudah tidak ada pembatasan kendaraan besar, mulai terjadi lagi kecelakaan seperti truk terguling dan yang lainnya. Kami berharap dengan adanya operasi ini dapat menekan tingkat dan fatalitas kecelakaan di jalan tol,” ujar Agni seperti dikutip dari laman Jasa Marga.

Jasa Marga bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) dan Balai Pengendali Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan, melaksanakan operasi ini untuk memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jalan, serta mempertimbangkan kelancaran lalu lintas di jalan tol.

Baca juga: Pola Pikir Instan Tidak Akan Bisa Bawa Indonesia Menuju Zero ODOL

Jasamarga Metropolitan Tollroad dan PT Jasamarga Tollroad Operation memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat kegiatan tersebut.

“Kami mengimbau pengguna jalan agar mengatur waktu perjalanan, perbaharui informasi jalan tol Jasa Marga Group melalui one call center Jasa Marga 24 jam di 14080, media sosial Jasamarga Metropolitan Tollroad, dan Aplikasi TRAVOY,” tandas Agni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com