Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budi Karya Pastikan Alokasi Mudik Bersama Akan Ditambah Tahun Depan

Kompas.com - 24/05/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan alokasi mudik bersama akan ditambah pada pelaksanaan mudik Lebaran tahun depan.

Hal tersebut ia sampaikan dalam Rapat Kerja Evaluasi Pelaksanaan Infrastruktur dan Transportasi Mudik Lebaran 2023 bersama dengan Komisi V DPR RI, Rabu (24/5/2023).

“Kita berikan subsidi bagi bus, kereta api dan angkutan laut. Ini sangat bermakna untuk masyarakat. Kami berniat untuk alokasi mudik bersama nanti,” ujar Menteri Budi.

Baca juga: Budi Karya Sebut 78 Persen Masyarakat Puas atas Penyelengaraan Mudik 2023

Menurut dia, pelaksanaan mudik bersama juga secara tidak langsung bisa mengaktifkan kembali fungsi angkutan massal antarkota. Dengan demikian, jumlah kecelakan di jalan raya bisa ditekan.

Selama pelaksanaan mudik tahun 2023, dikatakan bahwa jumlah pengguna transportasi umum di semua moda mengalami peningkatan.

Ini merupakan kabar baik dan menjadi kebangkitan perusahan transportasi setelah terjadinya Covid-19, di mana pengguna angkutan umum ada pada angka negatif.

 

“Pengguna angkutan umum selama periode mudik Lebaran 2023 mengalami kenaikan yang cukup signifikan, mulai dari angkutan jalan hingga angkutan laut,” tambah Budi Karya.

Untuk diketahui, pengguna angkutan jalan selama periode mudik Lebaran 2023 tercatat sebanyak 3,5 juta orang atau naik 0,11 persen dibanding mudik tahun sebelumnya. 

Sementara itu, pengguna angkutan jalan selama mudik Lebaran 2023 sebanyak 4,5 juta orang atau naik 12,05 persen dari jumlah pemudi tahun sebelumnya. 

Baca juga: Evaluasi Mudik 2023, Lajur Tol Cipali-GT Kalikangkung Perlu Ditambah

Pengguna angkutan kereta api selama mudik tahun ini diketahui sebanyak 3,04 juta orang atau melonjak drastis hingga 32,12 persen dari tahun sebelumnya. 

Di sektor angkutan udara, sebanyak 4,7 juta orang yang menggunakan moda transportasi ini untuk perjalanan mudik. Jumlah ini naik 27,7 persen dari tahun sebelumnya. 

Adapun pengguna angkutan laut tercatat sebesar 1,4 juta orang atau naik 2,63 persen dari periode mudik tahun 2022. 

Secara total, realisasi pengguna angkutan umum selama mudik Lebaran 2023 sebesar 17,33 juta orang. Jumlah ini meroket 15,28 persen dari tahun sebelumnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com