Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September 2023, Pembangunan Rusun TNI AU Halim Perdanakusuma Beres

Kompas.com - 24/05/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang melaksanakan pembangunan Rusun TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Sesuai kontrak, rusun ini mulai dibangun pada 22 Desember 2022 dan ditargetkan selesai September 2023. Secara keseluruhan progres konstruksi kini mencapai 15,4%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Kementerian PUPR juga membangun rusun untuk mahasiswa, santri di pondok pesantren, serta TNI/Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Ini merupakan bukti nyata bahwa Pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak. Kami harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman," jelasnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (24/05/2023).

Baca juga: Apartemen ASN IKN Porsi KPBU Belum Mulai Konstruksi

Rusun TNI AU Halim Perdanakusuma dibangun di Jalan Dwikora Raya, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur sebanyak 1 tower dan 3 lantai dengan jumlah hunian 44 unit tipe 36 m2.

Adapun pelaksanaannya dikerjakan oleh kontraktor PT Insan Pesona dengan nilai kontrak Rp 21,3 miliar.

Saat ini tengah dikerjakan instalasi pembesian kolom, pemasangan bekisting kolom, pengecoran kolom Zona 2, pemasangan bekisting pile cap dan tie beam, instal pembesian pile cap dan tie beam, pemasangan scafolding, pemasangan bekisting balok dan plat lantai 2 (Zona 1), serta pembesian balok dan plat Lantai 2 (Zona 1).

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto menambahkan, pembangunan rusun ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hunian layak bagi TNI AU Halim Perdanakusuma.

"Kami harap dengan menghuni rumah yang layak dapat meningkatkan produktivitas para TNI AU Halim Perdanakusuma dalam bekerja," pungkas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com