Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budi Karya Sebut 78 Persen Masyarakat Puas atas Penyelengaraan Mudik 2023

Kompas.com - 16/05/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan, sebanyak 78 persen masyarakat puas atas penyelenggaraan mudik tahun 2023.

Angka ini mengalami peningkatan sebesar 5 persen bila dibandingkan tahun 2022 sebesar 73 persen.

Hal ini disampaikan Budi kala menanggapi hasil survei evaluasi publik atas penanganan mudik 2023 yang dilakukan oleh salah satu lembaga survei.

Alhamdulillah, lonjakan pemudik yang sudah kami prediksi akan terjadi pada tahun ini dapat diantisipasi dengan baik. Ini berkat kerja sama dan koordinasi yang baik dari semua pihak yang terlibat, mulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan,” ujar Budi dikutip dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Nih Penguasa Jalan Tol di Indonesia, Kuasai 50 Persen Pasar

Dia mengapresiasi sejumlah pihak yang terlibat dan mendukung kelancaran penyelenggaraan mudik tahun 2023, yakni TNI, Polri, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo).

Selanjutnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pemerintah Daerah (Pemda), juga Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG), dan Basarnas.

Lalu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), operator transportasi, operator jalan tol, asosiasi, media dan unsur terkait lainnya.

Berdasarkan hasil survei evaluasi penanganan mudik 2023 yang dilakukan, kepuasan atas penyelenggaraan mudik dari kelompok masyarakat yang melakukan mudik (kelompok pemudik) jauh lebih tinggi yaitu mencapai 89,5 persen

Masyarakat paling banyak merasa puas dengan kondisi pengaturan lalu lintas (81,8 persen) selama arus mudik/balik Lebaran tahun 2023, kemudian angkutan umum (73,4 persen), ketersediaan bahan bakar (71,8 persen), dan kondisi jalan (64,3 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com