BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

Mengenal Lifestyle Commercial Center, Penunjang Gaya Hidup Modern di Township

Kompas.com - 20/04/2023, 17:41 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Lifestyle commercial center merupakan kawasan perniagaan yang memiliki sejumlah keunggulan ketimbang pusat perniagaan biasa atau mal. Kawasan ini memadukan pusat perbelanjaan modern dengan berbagai fasilitas, seperti area rekreasi keluarga, tempat makan, hiburan, kantor, residensial, serta ruang publik.

Pengunjung yang datang ke lifestyle commercial center tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan sehari-sehari, tetapi juga dapat melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berekreasi bersama keluarga, meeting bersama partner bisnis, berkumpul bersama komunitas, hingga berolahraga bisa dilakukan di kawasan tersebut.

Meski demikian, banyak orang masih kesulitan membedakan lifestyle commercial center dan mal karena keduanya memang memiliki fungsi dan tampilan yang hampir sama. Padahal, masing-masing punya perbedaan yang cukup signifikan.

Supaya jelas, berikut adalah perbedaan lifestyle commercial center dan mal.

1. Arsitektur bangunan

Lifestyle commercial center umumnya memiliki desain bangunan yang lebih kompleks ketimbang mal. Pasalnya, lifestyle commercial center dibangun dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman yang unik dan menarik bagi pengunjung.

Bahkan, beberapa lifestyle commercial center didesain dengan meniru suasana kota atau lokasi tertentu untuk memberikan pengalaman tersebut.

Baca juga: Sinar Mas Land Bangun Tiga Balai Pertanian Terpadu di Jawa Barat

Tak hanya itu, lifestyle commercial center juga kerap menekankan konsep eco-friendly pada arsitektur bangunan. Upaya ini diwujudkan dengan menggunakan bahan bangunan dan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Di sisi lain, desain bangunan mal umumnya cenderung konvensional dan seragam. Pasalnya, konsep utama dari bangunan mal adalah untuk menampung sebanyak mungkin tenant dan mengoptimalkan ruang yang tersedia. Maka tak heran, desain ruangan mal umumnya berupa koridor lurus dengan deretan toko di sepanjang koridor.

2. Lokasi

Perbedaan lifestyle commercial center dan mal selanjutnya adalah lokasi. Karena ditujukan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup warga kelas menengah ke atas, lifestyle commercial center berlokasi di kawasan yang lebih elite dan premium, seperti hunian dalam kawasan terpadu atau township serta area komersial yang sudah berkembang.

Lifestyle commercial center biasanya menempati lahan yang besar dan dikelilingi oleh area parkir yang luas untuk menampung lebih banyak kendaraan.

Sementara itu, mal biasanya berlokasi di pusat atau pinggiran kota yang dekat dengan permukiman penduduk. Lokasi ini dipilih karena mal lebih ditujukan untuk menjangkau kebutuhan masyarakat luas. Selain itu, mal juga kerap dilewati transportasi umum, seperti bus, sehingga bisa dijangkau dengan mudah.

3. Pengalaman berbelanja

Lifestyle commercial center dan mal menawarkan pengalaman berbelanja yang berbeda. Biasanya, lifestyle commercial center menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih eksklusif karena menghadirkan barang berkualitas dari merek terkenal.

Tenant di lifestyle commercial center pun merepresentasikan produk atau jasa berkualitas premium dengan harga relatif tinggi. Beberapa jenis tenant yang dapat ditemukan di lifestyle commercial center adalah butik atau gerai fesyen, restoran dan kafe, pusat kecantikan dan spa, toko perhiasan, serta kosmetik.

Baca juga: Kurangi Emisi Karbon, Sinar Mas Land Hadirkan Bus Listrik di BSD City

Tak hanya itu, suasana di lifestyle commercial center juga cenderung lebih eksklusif dan santai. Pasalnya, area komersial ini memiliki tempat duduk serta area terbuka luas yang memberikan pengunjung kenyamanan dan privasi dalam berbelanja.

Sementara itu, mal lebih berfokus pada pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan beragam. Tenant yang terdapat di mal umumnya lebih banyak dan beragam ketimbang lifestyle commercial center, mulai dari toko elektronik hingga perabotan rumah tangga.

4. Fasilitas kebugaran

Baik lifestyle commercial center maupun mal kerap memiliki tenant yang menyediakan fasilitas kebugaran. Meski demikian, kedua pusat perbelanjaan itu memiliki kelengkapan peralatan yang berbeda.

Lifestyle commercial center menawarkan pusat kebugaran yang lebih lengkap dan eksklusif, seperti gym, lapangan tenis, lapangan golf, kolam renang, serta studio yoga dengan keanggotaan yang terbatas.

Pusat kebugaran di kawasan komersial itu juga kerap menawarkan program olahraga eksklusif, seperti pilates, bootcamp, serta personal training. Dengan mengikuti berbagai program ini, pengunjung bisa mendapatkan bimbingan untuk mencapai tujuan kebugaran sesuai keinginan.

Baca juga: Harumkan Tanah Air, Sinar Mas Land Raih 5 Penghargaan Asia Property Awards 2022

Sementara itu, fasilitas kebugaran di mal umumnya lebih sederhana dengan peralatan olahraga yang terbatas. Adapun pusat kebugaran di mal umumnya hanya berupa gym. Selain itu, lingkungan olahraga di mal biasanya lebih ramai sehingga kurang terkonsentrasi pada kesehatan dan kebugaran.

Itulah perbedaan lifestyle commercial center dan mal yang perlu diketahui. Semua keunggulan lifestyle commercial center itu terdapat pada Eastvara. Eastvara sendiri merupakan salah satu lifestyle commercial center teranyar yang sedang dibangun Sinar Mas Land di kawasan BSD City. Pusat gaya hidup dan perniagaan ini memiliki bangunan seluas 2,3 hektare (ha), ruang hijau terbuka seluas 1 ha, serta area parkir seluas 1,6 ha.

Selain itu, Eastvara juga memiliki captive market yang besar karena dikelilingi 14 residensial, 60 klaster, serta 10.000 rumah padat penghuni yang didominasi oleh kaum muda, seperti milenial.

Kehadiran Eastvara di kawasan BSD City menjadi nilai tambah bagi penghuni di kawasan tersebut. Pasalnya, BSD City dikenal sebagai kawasan hunian eksklusif yang dapat meningkatkan kualitas hidup penghuni dengan berbagai macam fasilitas yang dimiliki.

 

Eastvara dari Sinar Mas Land.DOK. Sinar Mas Land. Eastvara dari Sinar Mas Land.

Salah satu hunian eksklusif di kawasan BSD City dan dekat dengan Eastvara adalah Eonna. Hunian ini menggabungkan konsep hunian modern dan arsitektur tradisional Asia, seperti Jepang, China, dan Korea. Klaster pertamanya, Aerra, hadir dengan konsep rumah mewah tiga lantai yang dilengkapi interior eksklusif bergaya Korea.

Aerra ditunjang dengan desain arsitektur serta interior yang memaksimalkan fungsi ruangan dan kenyamanan, ruangan dalam rumah yang lega di setiap lantai, serta taman dalam rumah yang memberi kesan elegan.

Fasilitas yang didapatkan dari Aerra juga dibekali dengan sejumlah fitur rumah pintar, seperti closed circuit television (CCTV), screen monitor, video door camera, smart door lock, smart lighting, motion detector, phone dan panic button pada master bedroom, serta mobile integration.

Aerra by Eonna hadir dengan konsep rumah mewah 3 lantai bergaya Asia yang dilengkapi interior eksklusif. DOK. Sinar Mas Land. Aerra by Eonna hadir dengan konsep rumah mewah 3 lantai bergaya Asia yang dilengkapi interior eksklusif.

Selain itu, penghuni juga dapat menikmati beragam fasilitas eksklusif, seperti luxury swimming pool, kids pool, art hall, sport hall, outdoor gazebo bar, outdoor lounge, layanan security 24 jam, serta luxury club house seluas 2.000 meter persegi.

 Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat mengunjungi laman Sinar Mas Land dan e-Catalog serta menghubungi 021 53159000 dan WhatsApp +6285712359000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com