Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurangi Emisi Karbon, Sinar Mas Land Hadirkan Bus Listrik di BSD City

Kompas.com - 08/10/2022, 15:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Turut berpartisipasi untuk mengurangi emisi karbon di Indonesia, Sinar Mas Land menghadirkan bus listrik yang akan beroperasi di kawasan township BSD City.

Bus bernama BSD Link Electric Bus tersebut merupakan hasil produksi dari China dengan merek dagang Skywell tipe NJL6730BEV.

Pengadaan bus listrik ini merupakan kerja sama antara Sinar Mas Land bersama PT Eka Sari Lorena Transport Tbk dengan total nilai investasi Rp 3,8 miliar.

Baca juga: Transjakarta Luncurkan Bus Listrik Rute Stasiun Tebet-Karet

Peresmian operasional BSD Link Electric Bus telah dilakukan di Lobby The Breeze BSD City pada Jumat (07/10/2022).

Acara peresmian dihadiri oleh Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata, Managing Director PT Eka Sari Lorena Transport Tbk Dwi Ryanta Soerbakti dan Chairman PT Kendaraan Listrik Indonesia/Skywell Dinesvara Airlangga.

Pada kesempatan tersebut, Managing Director President Office Sinar Mas Land Dony Martadisata mengatakan pengoperasian bus listrik di kawasan BSD City merupakan salah satu komitmen Sinar Mas Land dalam mewujudkan kota pintar dan berenergi hijau.

 

“BSD Link Electric Bus akan menghubungkan landmarks BSD City sehingga penghuni dan masyarakat umum akan sangat dimudahkan dengan layanan transportasi publik ini,” ungkap Dony.

Menurutnya, kendaraan cerdas bertenaga listrik tersebut telah digunakan di berbagai negara maju dan diproyeksikan sebagai transportasi publik masa depan karena sangat ramah terhadap lingkungan.

Sementara itu, Managing Director PT Eka Sari Lorena Transport Dwi Ryanta Soerbakti mengatakan kerja sama antara Lorena Transport dengan Sinar Mas Land sudah berjalan selama lima tahun terakhir.

“Lorena Transport mengapresiasi komitmen Sinar Mas Land untuk mewujudkan kota pintar berenergi hijau dengan menggunakan kendaraan bertenaga listrik,” jelas Dwi.

Baca juga: Lagi, Ruas Jalan BSD City Akan Dilapisi Aspal Campuran Sampah Plastik

BSD Link Electric Bus memiliki penggerak listrik dan battery pack Lithium Iron Phosphate (LiFePo4) berkapasitas 114 kWh dengan proses pengisian daya selama 2 jam.

Bus listrik ini mampu menempuh perjalanan sejauh 180 km dan kecepatan maksimalnya hingga 50 km/jam. Memiliki dimensi 7,3 m x 2,1 m, bus ini berisi 17 seat serta 13 hand grip sehingga dapat membawa 30 penumpang.

Selain itu, bus listrik ini juga dilengkapi dengan CCTV, face recognition temperature, hingga USB port di kabin bus yang dapat dimanfaatkan penumpang untuk mengisi baterai ponsel.

Bus listrik ini memiliki 6 rute pemberhentian dengan pin awal di Terminal Intermoda – ICE – Qbig – Ara Rasa – The Breeze 1 – Digital Hub – Terminal Intermoda yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

BSD Link Electric Bus beroperasi setiap hari Senin hingga Minggu pukul 07.00-19.35 WIB. Masyarakat umum dapat mencoba bus listrik ini secara gratis dan tanpa harus registrasi terlebih dahulu.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com