Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Musim Hujan, Astra Tol Cipali Normalisasi Sungai Cilalanang

Kompas.com - 08/10/2022, 07:00 WIB
Monica Noviola,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Mengantisipasi terjadi luapan air selama musim penghujan, PT Lintas Marga Sedaya yang memiliki branding name Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan (Astra Tol Cipali) melakukan normalisasi sungai Cilalanang.

Normalisasi sungai Cilalanang dilakukan perusahaan dengan menggandeng Balai Besar Wilayah Sugai (BBWS) Citarum.

“Kami dan BBWS selalu bekerjasama melakukan pemeliharaan, pemantauan dan pengawasan terhadap sungai Cilalanang yang melintasi Jalan Tol Cipali," ungkap Kepala Divisi Operasi Astra Tol Cipali, Sri Mulyo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

 Baca juga: Segini Saldo E-Toll yang Wajib Disiapkan Bila Melalui Tol Cipali

Adapun bentuk peningkatan layanan kepada pengguna jalan dan pemenuhan SPM, sejak jauh hari Astra Tol Cipali sudah melakukan pekerjaan rutin.

Mulai dari  normalisasi drainase, membersihkan manhole dan sistem drainase yang terdiri dari inlet dan outlet, serta pembersihan sendimentasi atau endapan pada box culvert.

Hal tersebut sebagai bentuk upaya preventif dalam menghadapi musim penghujan. Baik itu drainase yang melintang (crossing) maupun yang memanjang.


Selain itu, pihak Astra Tol Cipali juga rutin melakukan pemantauan melalui CCTV yang tersebar per 1 km di Tol Cipali.

Dengan adanya sinergi yang terjalin baik dengan BBWS, lembaga pemerintahan setempat, dan masyarakat merupakan salah satu kunci dan upaya Astra Tol Cipali dalam melakukan peningkatan kualitas pelayanan.

AstraTol Cipali terus mengimbau kepada pengguna jalan untuk selalu tertib berkendara dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas kecepatan, minimal 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam.

Apabila dalam kondisi penghujan kecepatan maksimal berkendara 70 km/jam. Hal ini merupakan guna tercapai nya jalan tol yang lancar, aman dan nyaman.

Baca juga: Banjir Terus Berulang di Tol BSD, Ini Akar Masalah dan Solusinya

Kelancaran lalu lintas di tol Cipali sangat penting karena merupakan jalur distribusi barang serta jalur transportasi masyarakat di sebagian besar Pulau Jawa.

Seperti diketahui, jalan tol Cipali merupakan bagian dari jaringan jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan dari jalan tol Merak hingga ke Surabaya.

Selain memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan kawasan industri dan pariwisata serta agrobisnis, jalan tol Cipali juga terbukti memangkas rute Cikampek-Palimanan hingga 40 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com