Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng LG, PT PP Kembangkan Proyek Smart City di IKN Nusantara

Kompas.com - 08/10/2022, 06:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan usaha milik negara (BUMN), PT PP (Persero) Tbk resmi menggandeng perusahaan teknologi terkemuka LG CNS Company untuk mengembangkan proyek smart city (kota cerdas) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman bahkan telah dilakukan oleh SVP Operasi Gedung PP Andek Prabowo dan VP LG CNS Smart City & Mobility Business Unit Benjamin Yoo.

Benyamin berujar, dengan pengalaman yang dimiliki oleh LG CNS Smart City di Korea, perusahaan menyakini bisa memberikan konstribusi untuk implementasi pengembangan kota cerdas di Indonesia.

Baca juga: Progres Terbaru Tiga Proyek yang Digarap PP

"Dengan berkolaborasi bersama PP, dapat menjadi sinergi terbaik antara bidang konstruksi dan teknologi informasi untuk memberikan solusi kota pintar di IKN Nusantara,” tutur Benjamin dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (7/10/2022).

Sementara itu, Direktur Operasi Bidang Gedung PP Anton Setyo Hendriatmo menuturkan, PP siap
berkolaborasi bersama dengan LG CNS dalam membangun dan mengembangkan proyek kota cerdas di IKN.

Terlebih PP merupakan salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa konstruksi dan investasi yang terintegrasi dengan industri pendukung.

Selain itu, memiliki keahlian dan pengalaman dalam bidang konstruksi, properti, EPC, infrastruktur, dan energi, baik di dalam maupun luar negeri.

"Kami berharap dengan ditandatanganinya nota kesepaham  ini merupakan langkah yang baik agar kolaborasi kerjasama ini kedepannya dapat diimplementasikan lebih matang lagi dan dapat dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS)," sambung Anton.

Adapun pembangunan di IKN Nusantara masih terus dikembangkan hingga saat ini. Sebab, terdapat salah satu hal menarik dari pengembangan tersebut mengusung konsep smart city modern.

Konsep intelligent city (kota cerdas) merupakan wujud pengembangan dari kota pintar akan mendorong percepatan modernisasi kota melalui pemanfaatan teknologi sebagai dasar pengembangan konsep ini.

Baca juga: Tahun 2024, Kota Pintar Neom ala Arab Saudi Dibuka untuk Umum

Bagi pemerintah, penerapan konsep kota cerdas di IKN Nusantara tidak hanya dilakukan sebagai upaya dalam mensejajarkannya dengan ibu kota lain yang telah mengusung konsep serupa.

Namun diharapkan menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia dalam mengembangkan konsep yang sama sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya, juga kelestarian lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com