Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenal Lebih Dekat Dengan Freon AC R22

Kompas.com - 07/10/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Jika unit AC rumah Anda berusia lebih dari 10 tahun, kemungkinan besar unit tersebut menggunakan refrigeran tipe R22, yang biasa disebut dengan freon AC.

Meskipun freon AC R22 sangat populer, namun dalam perjalanan waktu diketahui senyawa ini dapat berdampak buruk bagi lingkungan.

Seperti dikutip dari Home Climates, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa freon AC R22 adalah bahan kimia berbahaya yang secara signifikan berkontribusi pada penipisan lapisan ozon.

Kehadiran lapisan ozon sangat penting karena dapat melindungi permukaan bumi dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Baca juga: Dapatkah Pendingin Udara Berfungsi Tanpa Freon AC?

Selain itu, sinar ultraviolet juga dapat mengganggu aktivitas makhluk hidup di laut dan mengurangi produktivitas pertanian.

Badan Lingkungan Hidup Amerika Serikat bahkan sudah mengeluarkan larangan sejak tahun 2020 bahwa perusahaan di negara tersebut perusahaan tidak bisa lagi memproduksi atau mengimpor R22.

Sementara perusahaan reparasi AC hanya akan diizinkan untuk menggunakan freon AC R22 yang didaur ulang bagi unit-unit AC yang sudah berusia lebih tua.

 

Untuk mengetahui apakah unit AC di rumah Anda menggunakan jenis freon R22 atau bukan, Anda bisa melakukan pemeriksaan manual.

Lihat informasi pada buku panduan produk yang disertakan dalam pembelian AC. Industri sering memberi label R22 sebagai HCFC-22.

Baca juga: Begini Cara Cek Freon AC di Rumah

Anda juga dapat melihat informasi di kondensor luar sistem AC Anda. Seharusnya ada keterangan pada kasing AC yang mencantumkan semua spesifikasi yang terkait dengan unit AC tersebut termasuk zat pendingin yang dikandungnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com