Jakarta Punya Infrastruktur Pengendali Banjir Berbasis Alam, Ini Profilnya

Kompas.com - 07/10/2022, 16:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemprov DKI Jakarta membangun tiga Ruang Limpah Sungai (RLS) untuk mengendendalikan banjir. Yakni RLS Lebak Bulus, RLS Brigif, dan RLS Pondok Ranggon.

RLS merupakan salah satu project pertama di Indonesia yang menerapkan pendekatan berbasis alam untuk menangani limpahan air sungai.

Agar dapat mengurangi beban aliran sungai di kawasan hilir atau saat dialirkan ke laut.

"Jadi, kita punya pendekatan baru, di mana kita sediakan ruang parkir air sementara saat air sungai berlimpah, guna mengurangi beban di kawasan hilir sungai," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikutip dari laman Pemprov DKI Jakarta, Kamis (06/10/2022).

Menurut dia, kehadiran RLS selain untuk pengendalian banjir, juga memiliki fungsi sebagai Ruang Terbuka Biru (RTB).

 

Harapannya akan mengembalikan ekosistem sempadan sungai seperti sedia kala sekaligus menjadi ruang ketiga yakni tempat interaksi dan berkegiatan antar warga.

"Sehingga, kita berharap akan muncul kembali hewan air, tanaman rindang, dan burung yang berdatangan dan menjadi ekosistem yang sehat," pungkas Anies.

Baca juga: Bendungan Ciawi dan Sukamahi Kelar Oktober, Siap Kontrol Banjir Jakarta

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Yusmada Faizal, menambahkan, kehadiran RLS merupakan wujud naturalisasi sungai dan bagian dari 942 project (9 polder, 4 retensi air, dan 2 peningkatan kapasitas sungai).

Waktu pelaksanaan pembangunan RLS adalah 15 bulan terhitung sejak 3 November 2021 dan direncanakan akan selesai pada Desember 2022.

Desain RLS dibuat dengan pendekatan penghijauan tanpa mengurangi kaidah-kaidah pengendalian banjir. Baik secara struktur maupun desain kapasitas tampungan hingga desain rencana bangunan air.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.