Indonesia Jadi Negara Pertama yang Terapkan Teknologi MLFF Bagi Kendaraan

Kompas.com - 07/10/2022, 19:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila berhasil diterapkan, Indonesia akan menjadi negara pertama di dunia yang mengadopsi Teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) atau transaksi tol non-tunai nirsentuh berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) untuk kendaraan. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit dalam acara "Genmud PUPR Berdialog Implementasi Teknologi MLFF di Jalan Tol", Jumat (7/10/2022).

Danang menyatakan pihaknya sangat bersemangat dengan perwujudan proyek MLFF ini karena tak pernah terbayangkan sebelumnya.

"Oleh karena itu, kami semua di PUPR, BPJT, Bina Marga, sangat excited (bersemangat) dengan proyek ini," terangnya. 

Baca juga: Tuntas 2025, Tol Gilimanuk-Mengwi Langsung Adopsi Sistem MLFF

Teknolgi MLFF berbasis GNSS ini merupakan proyek pertama Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang mengintegrasikan pembangunan infrastruktur dengan teknologi digital.

Walaupun proyek KPBU ini bukanlah yang terbesar dalam lingkup Kementerian PUPR, melainkan kali pertama Pemerintah bisa bertransformasi dengan integrasi pembangunan infrastruktur fixed asset (aset tetap) dan teknologi digital.

"It is (ini) waktu yang sangat exciting untuk Indonesia sebenarnya. Karena apa? Teknologi ini kalau kita sukses, barangkali kita menjadi yang pertama mengadopsi teknologi GNSS untuk kendaraan. Mudah-mudahan saya enggak salah ya," sambung Danang.

Adapun teknologi MLFF berbasis GNSS menjadikan sistem pembayaran tol menjadi terintegrasi dengan aplikasi transaksi di jalan tol.

Secara, garis besar inovasi teknologi MLFF merupakan suatu terobosan layanan transaksi di jalan tol tanpa sentuh yang dilakukan secara otomatis melalui aplikasi gawai pintar.

Nantinya, pembayaran tol hanya dengan mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi bernama Cantas melalui gawai masing-masing yang telah terkoneksi internet.

Setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna juga akan berkurang otomatis.

Perangkat yang digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF adalah berupa Electronic On-Board Unit (E-OBU).

Baca juga: Jadi Aplikasi Transaksi Tol MLFF, Cantas akan Terhubung Dengan ETLE

Dengan sistem tersebut, pengguna jalan tol akan memiliki user experience yang lebih baik, memperoleh efisiensi biaya operasi, dan juga mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.