Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Instruksikan Pembangunan Youth Creative Hub di 4 Daerah Lain

Kompas.com - 21/03/2023, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Presiden Jokowi menginstruksikan harus ada pembangunan pusat pengembangan kreativitas anak muda atau Youth Creative Hub di 4 daerah lainnya di Indonesia.

Instruksi ini menyusul keberhasilan pembangunan Papua Youth Creative Hub (PYCH), yang menurut Presiden bisa menjadi wadah kreativitas serta bisa mendorong pembukaan lapangan kerja baru bagi anak-naka muda.

Menurut Presiden, Papua Creative Youth merupakan fasilitas pengembangan kreativitas anak muda pertama yang ada di Indonesia. Karena itu, harus dbabgun di daerah-daerah lain.

Baca juga: Jokowi Optimistis Istana Presiden IKN Beres Sebelum 17 Agustus 2024

“Saya minta agar juga dibangun di NTT, Papua Barat kemudian di Maluku dan Aceh. Pembangunannya mulai tahun ini sehingga bisa selesai di tahun depan,” ujar Jokowi dalam sambutannya dalam acara peresmian Papua Youth Creative Hub, Selasa (21/3/2023).

Menurut Jokowi, seluruh fasilitas yang ada di PYCH bisa ditiru dalam membangun bangunan serupa di provinsi lain.

“ Bisa ditiru semua yang ada di sini. Semuanya sudah sangat bagus sekali,” jelasnya.

Presiden menyampaikan, ia saya sangat kaget begitu memasuki kawasan PYCH karena banyak fasilitas yang tersedia.

Mulai dari area pembuatan handphone, pembuatan laptop, studio podcast, studio musik, studio fotografi, serta galeri pameran produk asli Papua.

Sesuai dengan masterplan pembangunan, Papua Youth Creative Hub dibangun dalam dua lantai. Lantai pertama terdiri dari lobi, Coffee Shop Papua Blend. Kemudian coworking space, perpustakaan, galeri, minimarket UMKM store, ruang training, ruang ibadah.

Baca juga: Papua Youth Creative Hub Jadi Pusat Pengembangan Kreativitas Pertama di Indonesia

Sedangkan, lantai dua diperuntukan untuk convention hall, kantor sekretariat, ruang seni musik dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, ruang kewirausahaan dan ruang konseling di bidang kesehatan.

Kompleks Papua Youth Creative Hub juga dihadirkan gedung asrama untuk pria dan wanita, lapangan olahraga multifungsi indoor maupun outdoor serta taman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com