Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Sertifikasi Tanah, BPN Sukoarjo Punya Layanan Sekaradi, Apa Itu?

Kompas.com - 12/03/2023, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Sukoharjo di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menciptakan inovasi layanan pertanahan "Sekaradi" atau Selasa Kamis Jadi dalam mempercepat proses sertifikasi tanah.

Kepala Kantah Kabupaten Sukoharjo Muhammad Fadhil menerangkan, inovasi ini merupakan layanan khusus yang diberikan kepada pemohon langsung.

Dengan begitu, setiap permohonan pada Selasa dan Kamis bisa diselesaikan pada hari yang sama.

Dia menyebut, program Sekaradi menyentuh hampir semua layanan pertanahan di antaranya pengecekan, roya manual, peralihan, dan perubahan hak.

Baca juga: Akhirnya, Masyarakat Blora Dapat Sertifikat Tanah

Layanan ini sendiri telah dilaksanakan sejak tahun 2022 lalu. Rata-rata, per harinya Kantah Kabupaten Sukoharjo bisa melayani 40 permohonan-50 permohonan.

“Harapannya, layanan ini bisa memudahkan sehingga masyarakat mau mengurus sendiri dokumen pertanahannya," ujar Fadhil dilansir dari laman Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sabtu (11/3/2023).

Adapun Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto bersama Wakil Menteri (Wamen) ATR/Wakil Kepala (Waka) BPN Raja Juli Antoni mengunjungi Kantah Kabupaten Sukoharjo di Jateng, Kamis (9/3/2023).

Dalam kunjungannya, Hadi dan Raja Juli melihat langsung berbagai layanan pertanahan yang ada di Kantah Kabupaten Sukoharjo.

Dia pun menyapa masyarakat yang sedang mengurus sertipikat tanahnya.

"Saya kunjungan ke Sukoharjo adalah ngecek pelayanan kepada masyarakat. Apakah hak tanggungan sudah elektronik, roya juga bagaimana, ternyata semua sudah sesuai dengan program yang saya canangkan," terang Hadi.

Hadi pun memberikan target kepada Kantah Kabupaten Sukoharjo untuk mengejar predikat Kota Lengkap.

Salah satu langkah yang perlu diambil yaitu meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

"Targetnya di tahun 2024 nanti, Kabupaten Sukoharjo bisa selesai penyertifikatannya," tandas Hadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com