Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Masyarakat Blora Dapat Sertifikat Tanah

Kompas.com - 07/03/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni menyapa warga di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah (Jateng), yang antusias mengikuti seluruh rangkaian penyertifikatan tanah.

Dia mendengarkan betapa senangnya mereka setelah puluhan tahun penantian akhirnya mendapatkan legalisasi aset.

"Antrean hari ini enggak ada apa-apanya ya bu dibanding puluhan tahun enggak bisa punya sertifikat. Semoga dengan ini (sertifikat) nanti usahanya semakin lancar," ucap Raja Juli dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN, Selasa (6/3/2023).

Sebagaimana diketahui, Kementerian ATR/BPN telah mengeluarkan kebijakan penyelesaian masalah pertanahan yang menahun di Blora.

Kebijakan itu antara lain penyelesaian masalah dengan skema pemberian sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) kepada masyarakat di atas Hak Pengelolaan (HPL) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora.

Baca juga: Kelola Tanah Pemkab Blora 80 Tahun, Masyarakat Wonorejo Bisa Wariskan ke Anak Cucu

Kebijakan ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2021 tentang Hak Pengelolaan, Hak Atas Tanah, Satuan Rumah Susun, dan Pendaftaran Tanah.

Selain itu, telah diputuskan ketika Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto hadir di Blora pada Oktober 2022 lalu.

Untuk mengawal proses penyertifikatan tanah tersebut, Raja Juli kemudian hadir mengunjungi masyarakat setempat

"Dari dulu masyarakat sudah tinggal di sini tanpa kepastian hukum, sekarang Pak Menteri atas perintah Pak Presiden berusaha menyelesaikan masalah ini dengan skema HPL diberikan kepada Pemda, dan di atasnya dikasih HGB," lanjut dia.

Setelah pertemuan berlangsung, dia menyapa para petugas dari BPN dan pemerintah daerah (Pemda) yang tengah bekerja untuk menyertipikatkan tanah rakyat.

Raja Juli pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para petugas.

"Terima kasih Bapak/Ibu sudah mau lembur. Mudah-mudahan ini bisa menjadi amal jariyah bagi Bapak/Ibu semua," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com